Korelasi Antara Sikap Tanggung Jawab dalam Menyelesaikan Tugas-Tugas dengan Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17657Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara sikap tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugas dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan korelasi yang bersifat asimetris. Populasi dari penelitian ini merupakan siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki populasi 637 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf kesalahan 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi adalah 227 orang. Data diperoleh melalui metode pencatatan dokumen kompetensi pengetahuan IPS dan angket sikap tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugas. Dalam penelitian ini data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis korelasi product momentyang sebelumnya data diuji normalitas sebaran data sebagai prasyarat analisis. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara sikap tanggung jawab dalam meyelesaikan tugas-tugas dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi sikap tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas maka semakin tinggi pula kompetensi pengetahuan IPS yang diperoleh siswaReferences
Agung, A.A.Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Jakarta.
Dantes, Nyoman. 2007. Metodologi Penelitian Untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas, 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Emzir, 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fadillah & Lilif, 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: yrama Widya.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Permendikbud, 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Prasetyo, Sulis Nur. 2010. “Manajemen Perguruan Pancak Silat di Kabupaten Bantul”.Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY. Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id/15701/1/09603141018.pdf. Diakses pada tanggal 20 januari 2018.
Rahmagari, Ambar. 2014. “Hubungan Tanggung Jawab Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV dan V Peserta Homeschooling. Sripsi Fakultas Pikologi, Universitas Indonesia. Tersedia pada http://www.lib.ui.ac.id/naskahringkas/2017-04/S57210-Ambar%20Rah magari. Diakses tanggal 20 Januari 2018.
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setyowati, Yeni. 2013. “Pengaruh Motivasi dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia pada http://eprints.ums.ac.id/19459/. Diakses tanggal 20 Januari 2018.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Supardi, 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Aktif, Kognitif, dan Psikomotor. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Supardi, 2016. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta Selatan: Change Publication.
Suryanto, dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Tangerang: Universitas Terbuka.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.
Widodo, A. 2005. Taksonomi Tujuan Pembelajaran. Jurnal. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 4 (2). Tersedia pada http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/196705271992031-ARI_WIDODO/2005-Revisi_Taksonomi_Bloom-Didaktis. pdf. Diakses tanggal 1 Maret 2018.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
Zimmerman, Barry J. 2005. “Homework Practices and Academic Achievment: The Mediating Role Of Self-Efficacy and Perceived Responsibility Beliefs”. Skripsi Educational.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)