Korelasi Antara Sikap Tanggung Jawab dalam Menyelesaikan Tugas-Tugas dengan Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • I.Gst. A. Candra Dewi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Wyn. Sujana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ni Wyn. Suniasih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17657

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara sikap tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugas dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan korelasi yang bersifat asimetris. Populasi dari penelitian ini merupakan siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki populasi 637 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf kesalahan 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi adalah 227 orang. Data diperoleh melalui metode pencatatan dokumen kompetensi pengetahuan IPS dan angket sikap tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugas. Dalam penelitian ini data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis korelasi product momentyang sebelumnya data diuji normalitas sebaran data sebagai prasyarat analisis. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara sikap tanggung jawab dalam meyelesaikan tugas-tugas dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi sikap tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas maka semakin tinggi pula kompetensi pengetahuan IPS yang diperoleh siswa

References

Agung, A.A.Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Jakarta.

Dantes, Nyoman. 2007. Metodologi Penelitian Untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas, 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Emzir, 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fadillah & Lilif, 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: yrama Widya.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Permendikbud, 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prasetyo, Sulis Nur. 2010. “Manajemen Perguruan Pancak Silat di Kabupaten Bantul”.Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY. Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id/15701/1/09603141018.pdf. Diakses pada tanggal 20 januari 2018.

Rahmagari, Ambar. 2014. “Hubungan Tanggung Jawab Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV dan V Peserta Homeschooling. Sripsi Fakultas Pikologi, Universitas Indonesia. Tersedia pada http://www.lib.ui.ac.id/naskahringkas/2017-04/S57210-Ambar%20Rah magari. Diakses tanggal 20 Januari 2018.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Setyowati, Yeni. 2013. “Pengaruh Motivasi dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia pada http://eprints.ums.ac.id/19459/. Diakses tanggal 20 Januari 2018.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Supardi, 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Aktif, Kognitif, dan Psikomotor. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supardi, 2016. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta Selatan: Change Publication.

Suryanto, dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Tangerang: Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.

Widodo, A. 2005. Taksonomi Tujuan Pembelajaran. Jurnal. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 4 (2). Tersedia pada http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/196705271992031-ARI_WIDODO/2005-Revisi_Taksonomi_Bloom-Didaktis. pdf. Diakses tanggal 1 Maret 2018.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.

Zimmerman, Barry J. 2005. “Homework Practices and Academic Achievment: The Mediating Role Of Self-Efficacy and Perceived Responsibility Beliefs”. Skripsi Educational.

Downloads

How to Cite

Candra Dewi, I. A., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2019). Korelasi Antara Sikap Tanggung Jawab dalam Menyelesaikan Tugas-Tugas dengan Kompetensi Pengetahuan IPS. International Journal of Elementary Education, 3(1), 62–69. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17657

Issue

Section

Article