Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Ni Luh Gita Sri Antari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Kt. Pudjawan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Md. Citra Wibawa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay  berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD Gugus IV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus IV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 123 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Random Sampling yaitu: siswa kelas III SD N 3 Penglatan yang bejumlah 20 orang dan siswa kelas III SD N 3 Alasangker yang berjumlah 24 orang. Metode pengumpulan data hasil belajar IPA menggunakan metode tes berupa instrumen pilihan ganda objektif. Data hasil belajar IPA dianalisis  meggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay  berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media gambar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD N 3 Penglatan Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Ayuwanti ,Irma . 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016

Djmarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Komari, Noor. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang . Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember 2015

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Rasana, Raka. 2009. Model-model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cetakan Ke-4. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Maryam, Siti. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keliling Dan Luas Persegi Panjang Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Marawola . Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 04 Nomor 01 September 2016

Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran) . Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012

Nanda , Meirza. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 2b Desember 2017 P-ISSN: 2581-1800 E-ISSN: 2597-4122

Primasari, Rosita. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan . Jurnal Edusains. Volume Vi Nomor 01 Tahun 2014

Downloads

Published

2019-07-16

How to Cite

Sri Antari, N. L. G., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116–123. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512

Issue

Section

Article