Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas V SD gugus IV Sukasada Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus IV Sukasada Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD No 4 Sukasada sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD No 3 Ambengan sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi dan instrumen tes objektif hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 3,3 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,021 dengan taraf signifikansi 5%. Perbandingan hasil perhitungan rata-rata nilai hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT 21,1 sedangkan siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT 18,95. Ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD di gugus IV Sukasada Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng tahun ajaran 2017/2018.References
Agung, A. A. Gede. 2010. Evaluasi Pendidikan. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Candiasa. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEP. Singaraja. Unit Universitas Pendidikan Ganesha
Dewi, Fika. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 1 Raman Endra.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Data Kuantitatif. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena.
Monawati, M. Yamin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas IV Sdn Lamsayeun. JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala. Vol. 3 No.4, Oktober.
Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
Mutia Agisni Mulyana, Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah UPI. Vol 1 No 1.
Nursyamsi SY, Aloysius Duran Corebima, Herawati Susilo. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 1 No 10 Edisi Oktober.
Punaji, H. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana
Pukjiwati. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Kelas IV SDN Sumur 03. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA Universitas Muria Kudus. Volume 7 (2).
Ridwanthi, Kd Dian Prima, I Gst. N. Japa, A. A Gede Agung. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Question Cards Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 6 Bondalem. Mimbar PGSD Undiksha Vol 1 No 1.
Rika Fima Yenni. 2016. Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol 9 No 2.
Sadirman, A. M. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Siti Nuryanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV Sd Negeri 3 Tondo. Jurnal Diknas. Volume 2 No 2.
Suriani, Kt., I Nym. Murda, Ni Wy. Arini. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha Vol 1 No 1.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif-Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.
Wati, Ni Nym. Kurnia, I G. N. Japa, A. A. Gede Agung. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Bermuatan Media Cerita Ramayana Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Sd No 3 Banjar Jawa Mimbar PGSD Undiksha Vol 1 No 1.
Widodo, Lusi Widayanti. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April.
Witari, I Gusti Ayu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kela IV di SDN Gugus I Kecamatan sawan Tahun Pelalajaran 201/2017. Jurnal MImbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 Nmor 4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)