Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching Learning) dengan Media Pohon Hitung terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18525Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Kusuma Bhakti Semarang melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dengan media pohon hitung pada materi operasi hitung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-A dan III-B SD Kusuma Bhakti Semarang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan (uji-t). Hasil penelitian yang dilakukan dapat dismpulkan bahwa model CTL dengan media pohon hitung dapat meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung siswa kelas III. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan = 5% dengan menggunakan uji-t didapatkan nilai sebesar =3,1325 dengan = 1,667 karena yaitu 3,1325 > 1,667. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha artinya model CTL dengan bantuan media pohon hitung berpengaruh terhadap hasil belajar materi operasi hitung siswa kelas III SD Kusuma Bhakti Semarang. Hal ini juga dibuktikan dengan perbedaan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 79,34 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 70,34 dengan ketuntasan kelas eksperimen sebesar 91,42% yang telah mencapai kriteria minimal 80% dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 71,42%.References
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ayuningtyas, Mutiara. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran CTL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 2 Pucang Banjarnegara. Skripsi. FIP. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang.
Erlina. 2018.Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengurutkan Bilangan 1-10 melalui Media Pohon Hitung Anak kelompok B di TK Baptis Setia Bakti Kota Kediri. Jurnal PINUS Vol.3 No. 2 Maret 2018.
Faresya, Alfina Fatma. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran CTL dengan Media Pop Up terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN Jambean 03 Pati. Skripsi. FIP. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang.
Fathurrohman. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
International Journal of Elementary Education, Vol. 3, No. 2, 2019, pp. 186-193. 193
Yulinda Amalia / Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching Learning) dengan Media Pohon Hitung terhadap Hasil
Belajar Materi Operasi Hitung
Hamzah Ali, dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali.
Hasibuan, H. M. Idrus. 2014. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma Vol. II, No.01 Hal. 1-12. Tersedia Pada : http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/download/214/195.
Herpratiwi. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Hidayati, Yulia Maftuhah. 2012. Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 13, No. 1, Hal. 86-94. Tersedia Pada : http://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/viewFile/919/632.
Isrok’atun dan Amelia Rosmala. 2018. Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Budi Aksara.
Jamaluddin S., M. Iqbal, I Gusti Putu Asto B. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam - Macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04 Nomor 01 Hal. 73-79. Tersedia Pada : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/10344.
Karwono dan Heni Mularsih. 2018. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali.
Mugiraharjo, Hartoyo. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 2, Hal. 359-365. Tersedia Pada : http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/2147.
Purnomo, Wahyu Yoppy. 2014. Serial Matematika untuk PGSD Bilangan Cacah dan Bulat Sebuah Tinjauan Konsep dan Instruksional dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Shoimin, Ari. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana. 2005. Metode statistika. Bandung: PT. Tarsito.
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan kuantitatif, kualitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyono, Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)