Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ayu Anggita Anggita Anggraeni Universitas PGRI Semarang
  • P Veryliana Universitas PGRI Semarang
  • Ibnu Fatkhu R Fatkhu R Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18552

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi bangun datar kelas V SDN 1 Balun Banjarnegara dilihat pada motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quaisi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Balun Banjarnegara tahun pelajaran 2018-2019 . Sampel yang diambil adalah siswa kelas V A berjumlah 22 siswa dan siswa kelas V B berjumlah 21 siswadengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Hasil analisis angket motivasi siswa menunjukan bahwa presentase kelompok eksperimen (90,91%) lebih besar dari kelompok kontrol (57,14%), serta berdasarkan hasil hitung uji t diketahui  lebih besar dari (2,995>2,021). Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Make A Match berpengaruh terhadap motivasibelajar siswa. Nilai kelompok eksperimen diketahui rata-rata 65,91 lebih besar dari kelompok kontrol 49,05, serta berdasarkan hasil uji t di ketahui  lebih besar dari (6,502>2,01).

References

Aisyah, Nur Lindah, Luthfiyah Nurlaela. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga pada Kompetensi Dasar Potongan Bahan Makanan di SMK Negeri 1 Cerme, Gresik. e-journal Boga, Vol. 4 No. 1 Hal. 143-152. Tersedia Pada : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/10349.

Aliputri, Dhestha Hazilla. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A Hal. 70-77. Tersedia Pada : http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD.

Anggarawati, G. A. (2014). Pengaruh Make A Match Berbantu Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Mimbar PGSD , Vol. 2 No1.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Astika, N. & Nyoman, N. A. (2011). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang, Vol. 28 No. 110 Hal. 110-117. Tersedia Pada : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/10386.

Aunurahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Deschuri, Cani, Dadang Kurnia, Diah Gusrayani. (2016). Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Match dengan Media Kartu Klop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 361-370. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3042.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. jakarta: PT Rineka Cipta.

Durukun, E. (2011). Effect of cooperative integrated reading an composition (CIRC) technique on reading-writing skills educational research and reviews. Academic Journals, Vol. 6 No. 1 Hal. 102-109. Tersedia Pada : https://eric.ed.gov/?id=EJ923632.

Ernawati. (2016). Model Koperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar IPS Siswa Kelas IV. J.Edu Vol. 2 No. 1 Hal. 80-85. Tersedia Pada : http://jurnal.iicet.org/.

Fadilah, Vivit Nurul, Imam Muchtar, Chumi Zahroul Fitriyah. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran Pkn Tema Harga Diri di SDN Ampel 04 Wuluhan Jember. ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA, 2014, I (1) Hal. 1-5. Tersedia Pada : http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64171.

Febriana, Ayu. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar Volume 1, Nomor 2, Hal. 151-161. Tersedia Pada : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/1678.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hanifah, & Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, S. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-PRESS.

Juhji. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA. PRIMARY Vol. 09 No. 01 Hal. 9-16. Tersedia Pada : http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/313/312.

MKPBM, T. (2001). STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEMPORER. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ngatmini, I. d. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP Pres.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwoko, & Fendi. (2007). Fisika SMA/MA Kelas X. Yudhistira.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saefuddin, A. (2015). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saparwadi, L. (2015). Pengaruh Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pendidikan, Vol.8 No.1.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, Eveline & Nara, & Hartati. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran . Bogor: Galia Pembelajaran.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-Faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung: ALFABETA.

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, & Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tiballa, Meida Dwi Sana, Dewa Nyoman Sudana, I Ketut Gading. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol. 5 No. 2 Hal. 1-10. Tersedia Pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/10718/6821.

Uno, B. H. (2016). Teori Motivasi dan Pengukuran : Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wicaksono, D. S., & Hakim, F. N. (2011). Media Pembelajaran Fisika nteraktiv Bahasan alor Berbasis Flash dan Xmi. Journal Speed (Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi).

Downloads

How to Cite

Anggraeni, A. A. A., Veryliana, P., & Fatkhu R, I. F. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218–225. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18552

Issue

Section

Article