Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18552Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi bangun datar kelas V SDN 1 Balun Banjarnegara dilihat pada motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quaisi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Balun Banjarnegara tahun pelajaran 2018-2019 . Sampel yang diambil adalah siswa kelas V A berjumlah 22 siswa dan siswa kelas V B berjumlah 21 siswadengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Hasil analisis angket motivasi siswa menunjukan bahwa presentase kelompok eksperimen (90,91%) lebih besar dari kelompok kontrol (57,14%), serta berdasarkan hasil hitung uji t diketahui lebih besar dari (2,995>2,021). Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Make A Match berpengaruh terhadap motivasibelajar siswa. Nilai kelompok eksperimen diketahui rata-rata 65,91 lebih besar dari kelompok kontrol 49,05, serta berdasarkan hasil uji t di ketahui lebih besar dari (6,502>2,01).References
Aisyah, Nur Lindah, Luthfiyah Nurlaela. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga pada Kompetensi Dasar Potongan Bahan Makanan di SMK Negeri 1 Cerme, Gresik. e-journal Boga, Vol. 4 No. 1 Hal. 143-152. Tersedia Pada : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/10349.
Aliputri, Dhestha Hazilla. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A Hal. 70-77. Tersedia Pada : http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD.
Anggarawati, G. A. (2014). Pengaruh Make A Match Berbantu Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Mimbar PGSD , Vol. 2 No1.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Astika, N. & Nyoman, N. A. (2011). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang, Vol. 28 No. 110 Hal. 110-117. Tersedia Pada : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/10386.
Aunurahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Deschuri, Cani, Dadang Kurnia, Diah Gusrayani. (2016). Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Match dengan Media Kartu Klop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 361-370. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3042.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. jakarta: PT Rineka Cipta.
Durukun, E. (2011). Effect of cooperative integrated reading an composition (CIRC) technique on reading-writing skills educational research and reviews. Academic Journals, Vol. 6 No. 1 Hal. 102-109. Tersedia Pada : https://eric.ed.gov/?id=EJ923632.
Ernawati. (2016). Model Koperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar IPS Siswa Kelas IV. J.Edu Vol. 2 No. 1 Hal. 80-85. Tersedia Pada : http://jurnal.iicet.org/.
Fadilah, Vivit Nurul, Imam Muchtar, Chumi Zahroul Fitriyah. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran Pkn Tema Harga Diri di SDN Ampel 04 Wuluhan Jember. ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA, 2014, I (1) Hal. 1-5. Tersedia Pada : http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64171.
Febriana, Ayu. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar Volume 1, Nomor 2, Hal. 151-161. Tersedia Pada : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/1678.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hanifah, & Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, S. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-PRESS.
Juhji. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA. PRIMARY Vol. 09 No. 01 Hal. 9-16. Tersedia Pada : http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/313/312.
MKPBM, T. (2001). STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEMPORER. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Ngatmini, I. d. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP Pres.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwoko, & Fendi. (2007). Fisika SMA/MA Kelas X. Yudhistira.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saefuddin, A. (2015). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saparwadi, L. (2015). Pengaruh Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pendidikan, Vol.8 No.1.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siregar, Eveline & Nara, & Hartati. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran . Bogor: Galia Pembelajaran.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-Faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung: ALFABETA.
Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, & Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tiballa, Meida Dwi Sana, Dewa Nyoman Sudana, I Ketut Gading. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol. 5 No. 2 Hal. 1-10. Tersedia Pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/10718/6821.
Uno, B. H. (2016). Teori Motivasi dan Pengukuran : Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wicaksono, D. S., & Hakim, F. N. (2011). Media Pembelajaran Fisika nteraktiv Bahasan alor Berbasis Flash dan Xmi. Journal Speed (Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi).
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)