Keefektifan Model Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Perpindahan Kalor di Sekitar Kita
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18553Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan model Student Facilitator and Explaining dalam meningkatkan hasil belajar pada Perpindahan Kalor di Sekitar Kita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dimana data dalam penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistika.One group pretest posttest design merupakan jenis design yang dipilih dan subjek penelitian yang digunakan hanya satu kelas yaitu kelas V SDN Kalirejo 02 Ungaran Timur. Hasil yang didapatkan dari perhitungan uji-t yaitu Lhitung 19.25723> 0.1691 Ltabel jadi Ho diterima. Hal ini berarti siswa lebih baik daripada sebelumnya dan dapat dikatakan bahwa model Student Facilitator and Explaining (SFE) efektif terhadap hasil belajar siswa pada subtema Perpindahan Kalor di Sekitar Kita kelas V SDN Kalirejo 02 Ungaran Timur.References
Abdul, Kadir dkk. 2014. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Al Hasbi, Achamad Rozak, dkk. 2016. Penerapan modelStudent Faclitator and Explaining dengan media konkret dalam peningkatan pembelajatan tentang gaya pada siswa kelas V SDN 2Wonoharjo tahun ajaran 2015/2016. Jurnal. UNS IPA.
Ananda, Dita. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Menggunakan Media Paperku (Papan Perkalianku)Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III SD Negeri 02 Sitemu Kabupaten Pemalang. Skripsi. Univesitas PGRI Semarang.
Budiarto, Mochamad Kamil. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Karangmloko 2.E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNY Vol. VI Nomor 8 Tahun 2018.
Huda, Miftahul. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kadir, Abd & Hanun Asrohah. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: RajaGrafindo.
Prasetya, Bambang&Lina Miftahul, Jannah. 2012. Metode penelitian kuantitatif: teori &aplikasi. Jakarta: PT Raja Giafindo Persada.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan teoritis & praktik. Jakarta : Kencana Prenada media Group.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ranidyah, Furqonti.2016. pengaruh CTL pada mata pelajaran IPA materi energy dan perubahannya terhadap keterampilan berpikir logis dan penguasaan konsep siswa. Skripsi. Univeristas PGRI Semarang.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. AR-Ruzz Media.
Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung. Alfabeta.
Supardi.2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: PT RajaGraffindo Persada.
Suprijono, Agus. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Thobroni.M.2017.BELAJAR&PEMBELAJARAN Teori dan Praktik. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta. Tim Prestasi Pustaka.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)