Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Strategi Guru dalam mengelola kelas di Sekolah Dasar .Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 155/I Sungai Buluh pada awal Juli 2019 hingga bulan agustus 2019. Data dari penelitian ini diperoleh melalui awancara bersama guru kelas yang hasilnya sebagai data pendukung dari sumber utama serta observasi menegenai pengelolaan kelas. Setelah dilakukan pengumpulan data kemudian diakukan terhadap instrumen tersebut secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tentang Strategi Guru dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar bahwa wali kelas IV dalam pengelola kelas sudah baik hal ini dibuktikan dengan keadaan ruangan kelas yang tertera dengan baik dan rapi. Dengan membuat kelas penuh dengan karya siswa dan mengutamakan keaktifan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung, serta siswa juga ikut dalam menjaga keindahan kelas. Untuk mengatur sirkulasi udara agar tidak mengganggu saat proses pembelajaran jendela tetap di buka dan fentilasi udara selalu dibersihkan setiap hari.
Kata Kunci: Strategi, Guru, Pengelolaan Kelas.
References
Arfani, Junita W and Sugiyono, Sugiyono. “Manajemen Kelas yang Efektif: Penelitiandi Tiga Sekolah Mengah Atas”. Jurnal Akuntabilitas, Vol.2 No.1 (2014).
Aulia, Resti and Sontani, Uep Tatang. “Pengelolaan Kelas Sebagai Determinan terhadap Hasil Belajar” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.3 No.2 (2018) hal. 9-17.
Bonney, Kevin M. “Case Study Teaching Method Improves Student Performance and Perceptions of Learning Gains” Journal of Microbiology & Biology Education, Vol. 16(1): 21-28 (2015)
Helsa, and Hendriati Agustina. “Kemampuan Manajemen Kelas Guru: Penelitian Tindakan di Sekolah Dasar dengan SES Rendah” Jurnal Psikologi, Vol.16 No.2 (2017) Hal. 89-104
Pradnyantika, L. D., Sudiana, I. K., & Wiratini, N. M. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Negara. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 42-49.
Irawati, Intan. “Buku Terjemahan: Manajemen Kelas Komprehensif”. (Jakarta: KENCNA, 2012)
Isbadrianingtyas, Nafi. “Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di SD” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, Vol.1 No.5 (2016)
Muningsih. “Manajemen Kelas Guru Sekolah Dasar” Jurnal Manajer Pendidikan, Vol.9 No.5 (2015) Hal. 699-703
Rahman, Arif. “Manajemen Kelas untuk Guru Sekolah Dasar” (Jakarta: KENCANA, 2015).
Wahyuni, Ayu Nur. “Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Islam Kelas III di SD Muhammadiyah Surabaya”. (Jurnal Pendidikan Islam, Vol.4 No.2 (2015).
Warsono, 2017. Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial . Journal of Society & Media 2017.
Wiyani, Novan Ardy. “Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif” (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)