Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • Ni Komang Darmiyanti Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB.Kt.Ngr. Semara Putra Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24331

Keywords:

dukungan orang tua, minat baca, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kompetensi pengetahuan IPS, (2) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS, dan (3) Pengaruh secara bersama-sama kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 267 siswa kelas V SDN Gugus Mohhamad Hatta Kecamatan Denpasar Selatan. Teknik penentuan sampel adalah proposional rondom sampling, dengan jumlah sampelnya sebanyak 152. pengambilan data menggunakan kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan pengaruh kecerdasan emosional (X1) terhadap kompetensi pengetahuan IPS (Y) diperoleh rhitung= 0,487 > rtabel= 0.159 ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan, dan untuk kontribusi  nilai koefisien korelasinya di kuadratkan r2 = 0,4872 = 0,238 berarti Sumbangan kontribusinya sebesar 23,8%. Pengaruh kebiasaan belajar (X2) terhadap kompetensi pengetahuan IPS(Y) diperoleh rhitung= 0,397 > rtabel= 0,159 ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan, dan untuk kontribusi  nilai koefisien korelasinya di kuadratkan r2 = 0,3972 = 0,158 berarti Sumbangan kontribusinya sebesar 15,8%. Pengaruh kecerdasan emosional (X1) dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS (Y) diperoleh rhitung= 0,497 > rtabel= 0,159 ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan, dan untuk kontribusi  nilai koefisien korelasinya di kuadratkan r2 = 0,4972 = 0,247 berarti Sumbangan kontribusinya sebesar 24,7%. Jadi, bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar berkontribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa Kelas V SDN Gugus Mohhamad Hatta Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2018/2019.

References

Agung, Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung ; Alfabeta.

Dantes, Nyoman. 2012. Metodologi Penelitian Untuk Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendiikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha.

Lasmawan, Wayan. 2016. Pendidikan IPS. Singaraja. Bali:Medikom Indonesia Press.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian “Pendidikan & Pengembangan”. Jakarta : Prenadamedia Group

Sugiyono. 2017. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2020-04-08

How to Cite

Darmiyanti, N. K., & Putra, D. S. (2020). Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. International Journal of Elementary Education, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24331

Issue

Section

Article

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.