Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan

Authors

  • Jians Brian Salawati Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Halmahera
  • Like Suoth Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Halmahera

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383

Keywords:

membaca permulaan, media kartu huruf, kemampuan membaca

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan membaca permulaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksprimen. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes performance. Observasi digunakan untuk mencatat perilaku siswa dengan indikator yang telah disiapkan, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah di pelajari . Untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan rumus T-tes. Hasil analisis dari kedua kelas dari pretes dan posttest untuk kelas kontrol dengan mean ( 84,28) dan kelas eksperimen ( 66,25), dengan median dari kelas kontrol ( 4,5) dan kelas ekperiment (8). Media sangat berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca permulaan ditunjukan dengan uji homogenitas di peroleh nilai 14thitung "> sebesar 3,84 sedangkan setelah uji T-tes dilakukan di peroleh 14ttabel">  2,6 ini menunjukan pada taraf signifikasi 5% dan hasil menunjukan bahwa nilai 14 thitung (">  3,84 ) > nilai 14ttabel">   (2,6). Jadi, terdapat pengeruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan. 

References

Ahmad Rivai dan Nana Sudjana. 2005. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta.

.Eliyawati. Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Dirjen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi: Jakarta.

Hairuddin, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. 425 hlm

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan anak usia dini. Jogjakarta: Diva Press.

I Gusti Ayu Komang Lili, dkk. Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Menulis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Singaraja. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 No.1. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php. Diunduh pukul 14.00 WIB, 15 Januari 2014

Kartini,Diah.2014.EJurnal.Volume1.No.1,https://drive.google.com/file/d/0Bk3cSUkM3Iy npNTFFXMThhVnc/view, 01 Febuary 2017.

Kurniawan, Hendry. 2002. Penggunaan Media Kartu Terhadap Peningkatan Kemampuan Anak dalam Berhitung. Skripsi. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta

Suartini, I. A. Kmg. 2014. “Pengaruh Moddel Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD”. Jurnal mimbar PGSD Universitas Pendidika Ganesha. Volume 2, No. 1,https://drive.google.com/file/d/0Bk3cSUkM3IyX3hwRGhaUjdEbVE/view, 01 Febuary 2017.

Sudjana, N dan Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo: Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supriyadi (2009) Program Bimbingan untuk Membantu Berbicra Anak Bandung : FIP UP

Syarifudin, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Diddit Media. Jakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2020-04-13

Issue

Section

Artikel