Pengaruh Metode Mind Mapping Menggunakan Aplikasi mi-Mind Serta Edmodo Terhadap Prestasi Belajar Komputer dan Jaringan Dasar

Komang Lilis Hermawati, Nyoman Sugihartini, Gede Saindra Santyadiputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan peningkatan prestasi belajar antara siswa dengan metode mind mapping menggunakan aplikasi mi-Mind serta Edmodo dan siswa dengan metode ceramah menggunakan media powerpoint (2) respon siswa setelah menggunakan metode mind mapping dengan aplikasi mi-Mind serta Edmodo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Posttest-Only Control Design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes untuk mengukur prestasi belajar dan metode angket untuk mengukur respon siswa. Data prestasi belajar kemudian dianalisis menggunakan t-tes dengan taraf signifikansi 0,05 dan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar antara siswa dengan metode mind mapping menggunakan aplikasi mi-Mind serta Edmodo dan siswa dengan metode ceramah menggunakan media powerpoint. Hasil analisis menunjukkan |thitung|>|ttabel| (20,084>2,2928) maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) respon siswa menunjukan nilai positif

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, Z. (2015). Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMKN 1 Surabaya.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network "Edmodo" Dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif Di Prodi PTM JPTK FKIP UNS.

Buka, W. S. (2013). Penerapan Model Mind Map Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X Di SMK N 1 Seyegan.

Buzan, T. (2005). The Ultimate Book Of Mind Maps. Harper Collins Publisher.

Candiasa, I. M. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Undiksha.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung.

Divayana, D. G. (2017). Asesmen dan Evaluasi. Singaraja: Undiksha Press.

Frey, C. (2010). Power Tips & Strategies For Mind Maping Software Third Edition . USA.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harahap, R. (2013). Efek Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep dan Aktivitas Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa. Eksperimen

Kuswanto, D. (2012). Statistik Untuk Pemula dan Orang Awam. Jakarta: Laskar Aksara

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. CV. Alfabeta.

Prawiradilaga, D. S. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan : E-Learning. Jakarta: Prenadamedia Group

Silaban, R. (2012). Pengaruh Media Mind Maping Terhadap Kreativitas dan Prestasi Belajar Kimia Siswa SMA Pada Pembelajaran Menggunakan Advance Organizer. Eksperimen.

Sugihartini, N. (2016). Strategi Pembelajaran Pendekatan Pembelajaran Inovatif Disertai Dengan Aplikasi Pembelajaran Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Undiksha Press.

Sugiyono, P. D. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Swari, N. P. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan E-Learning Edmodo di SMK Negeri 3 Singaraja.

Wirda. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Edmodo Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Melakukan Instalasi Sound System Kelas XI Teknik Audio Video Di SMK N 1 Kinali.

Zainal, R. V. (2014). Mengelola Pendidikan Secara Profesional untuk Meraih Mutu dengan Pendekatan Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijnse.v3i1.22174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Natural Science and Engineering indexed by:

  Akreditasi SINTA 5 Crossref    




Creative Commons License

International Journal of Natural Science and Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.