PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN MAMALIA LAUT BERBASIS VIRTUAL REALITY TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI BANJAR

Authors

  • Made Tia Dwariani Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali, Indonesia
  • Nyoman Sugihartini Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali, Indonesia
  • Gede Saindra Santyadiputra Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v4i1.29038

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi antara anak yang belajar menggunakan media Virtual Reality dan anak yang belajar menggunakan LKA (Lembar Kerja Anak) di TK Negeri Banjar, (2) respon anak setelah menggunakan media Virtual Reality pada tema binatang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh anak kelompok B yang berada di TK Negeri Banjar. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelompok B1 sebagai kelompok kontrol dan kelompok B2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah sampel 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data prestasi belajar dianalisis melalui uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan hasil kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen, dilanjutkan dengan uji hipotesis yang menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata siswa pada tema pengenalan binatang mamalia laut anak yang menggunakan Media Virtual Reality dengan tanpa menggunakan media Virtual Reality pada anak kelompok B di TK Negeri Banjar. Hasil analisis uji-t memperolej thitung 3,968 yang lebih besar dari ttabel 2,359. Berdasarkan kriteria pengujian ini berarti H0 ditolak, (2) respon anak terhadap media Pengenalan hewan mamalia laut didapat persentase hasil angket respon siswa adalah 82,5% yang tergolong dalam kategori sangat efektif. Kata kunci : Virtual Reality, Prestasi Belajar, Respon Siswa 

References

Melyani, N., Marwani, R., & Yusuf, A. (2015). Studi Komparasi Metode Demonstrasi Dengan Pemberian Tugas Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4.2.

Sadiman et.al. (2005). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suherman, w. s., Nopembri, S., & Muktiani, N. R. (2017). Pengembangan "Majeda" Berbasis Dolanan Anak untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Siswa Taman Kanak-Kanak. Cakrawala Pendidikan, 220-232. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13542

Rizal , S. (2018). Sumber dan Media Belajar Digital pada Pembeajaran Anak Usia Dini. AL HIKMAH PROC ISLAMIC EAR CHILD EDU, 201-208.

Lina. (2017). Pelaksanaan Model Pembelajaaran Klasikal Di TK Kecamatan Danau Kerinci. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Dewi, L. C., Arthana, I. R., & Santyadiputra, G. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Hewan Mamalia Laut.

Dharma, K. Y., Sugihartini, N., & Arthana, I. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Dengan Mode Pembelajaran Klasikal Terhadap Prestasi Siswa di TK Neger Pembina Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 298-307. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14481

Indra, N. F., & Dewi, N. F. (2019). Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1234

Sukaryawan, I., Sugihartini, I., & Pradnyana, I. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Prestasi anak Kelompok B Pada Tema Pengenalan Binatang Buas. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i1.16978

Swardi, Firmiana, M. E., & Rohayati. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 297-305 DOI: https://doi.org/10.36722/sh.v2i4.177

Isnaini, M., Wigati, I., & Oktari, R. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TORSO TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 19. Jurnal Biota, 42-51.

Safitri, L., & Kristanto, A. (2016). PENGARUH MEDIA MISSING FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN. Paud Teratai.

Downloads

Published

2020-10-04

How to Cite

Dwariani, M. T., Sugihartini, N., & Santyadiputra, G. S. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN MAMALIA LAUT BERBASIS VIRTUAL REALITY TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI BANJAR. International Journal of Natural Science and Engineering, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.23887/ijnse.v4i1.29038

Issue

Section

Articles