PENGARUH GAME “ADVENTURE ESCAPE FROM ANCIENT BALI” TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN BAHASA BALI DI SD NEGERI 5 SUKASADA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING

Authors

  • Ida Ayu Komang Wulandari Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali, Indonesia
  • Nyoman Sugihartini Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali, Indonesia
  • I Gede Mahendra Darmawiguna Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijnse.v4i1.29037

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar yang lebih tinggi antara siswa yang belajar dengan media Game “Adventure Escape From Ancient Bali” menggunakan metode Game Based Learning dengan siswa tanpa menggunakan media Game “Adventure Escape From Ancient Bali” menggunakan metode Game Based Learning, (2) mengetahui respon siswa setelah menggunakan media Game “Adventure Escape From Ancient Bali” menggunakan metode Game Based Learning pada mata pelajaran Bahasa Bali. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas III SD Negeri 5 Sukasada pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan (1) bahwa terdapat hasil belajar yang lebih tinggi antara siswa yang belajar dengan media Game “Adventure Escape From Ancient Bali” menggunakan metode Game Based Learning dengan siswa tanpa menggunakan media Game “Adventure Escape From Ancient Bali” menggunakan metode Game Based Learning siswa kelas III SD Negeri 5 Sukasada. Hasil analisis uji-t memperoleh nilai thitung = 8,167 > ttabel = 2,390 untuk dk sebesar 24 dengan taraf signifikan 5%. (2) respon siswa dari penerapan media Game “Adventure Escape From Ancient Bali” menggunakan metode Game Based Learning pada mata pelajaran Bahasa Bali adalah sangat positif dengan rata - rata skor yaitu 87,154 .

 

Kata kunci: Quasi Eksperimen, Adventure Escape From Ancient Bali, Bahasa Bali, Game Based Learning. 

References

Sadiman, A. R, 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rahman, M., & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sugihartini, N. (2016). Strategi Pembelajaran Pendekatan Inovatif Disertai dengan aplikasi Pembelajaran). Singaraja: Undiksha Press.

PRENSKY, M. (2003). Game-Based Learning . New York : Games2train.

Teed, R. (2015 ). Game-based learning. Education .

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudaryono, Margono, G., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gregory, R. J. (2000). Pyicological Testing: History, Principles, and Applications Third Edition. Toronto: Allyn and Bacon.

Downloads

Published

2020-10-04

How to Cite

Wulandari, I. A. K., Sugihartini, N., & Darmawiguna, I. G. M. (2020). PENGARUH GAME “ADVENTURE ESCAPE FROM ANCIENT BALI” TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN BAHASA BALI DI SD NEGERI 5 SUKASADA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING. International Journal of Natural Science and Engineering, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.23887/ijnse.v4i1.29037

Issue

Section

Articles