Determinan Kualitas Pelayanan, Harga dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Telkomsel Flash Di Bondowoso

Authors

  • Wardatul Insyroh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Trias Setyowati Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Budi Santoso Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16212

Keywords:

kualitas pelayanan, produk, harga, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, produk dan harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen Telkomsel Flash di Kabupaten Bondowoso. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan Telkomsel Flash di Bondowoso. Teknik penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin, dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Telkomsel Flash di Bondowoso. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa 71,5% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, produk dan harga. Sedangkan sisanya sebesar 28,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.

References

Assauri, Sofyan. 2008. Manajemen Pemasaran, Dasar Konsep Dan Strategi. Raja Grafindo: Jakarta

Bachmid, Abdurrahman Fauzi Et Al. 2016. Analisis Kualitas Produk, Promosi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel 4G LTE Di Manado (Studi Kasus: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA Vol.4 No.4. Universitas Sam Ratulangi: Manado

Hutapea, Roni Afrianto. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Asahan. Tesis. Universitas Terbuka: Jakarta

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Prenhalindo: Jakarta

Kotler, Philip Dan Armstong, Gary. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Indeks: Jakarta

Kotler, Philip Dan Armstong, Gary. 2012. Principles of marketing. Person education limited: new jersey

Kotler, Philip Dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas, Alih Bahasa: Benyamin Molan. Indeks: Jakarta.

Maulana, Ade Syarif. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Toi. Jurnal Ekonomi Volume 7 Nomor 2.

Nalendra, Aloysius Rangga Aditya. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Im3 Madiun). Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer Volume 3 No 2.

Nugroho, Novemy Triyandari. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Speedy Telkom Di Kota Surakarta. Jurnal Paradigma Vol.12 No.02. STMIK Duta Bangsa: Surakarta

Pongoh, M. (2013). Kualitas pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel Di Kota Manado. Jurnal EMBA Universitas Sam Ratu Langi Manado, Vol.1 No.4, 86–94.

Pratiwi, I. D. (2010). Analisis Pengaruh Harapan Pelanggan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Internet Flash Unlimited Di Semaran. Skripsi tidak diterbitkan Semarang:Universitas Diponogero Semarang.

Sari, Dessica Dinar Dan Utama, Agung. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Sim Card Gsm Prabayar XL Di Kota Yogyakarta. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Santoso, B, 2016, Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan terhadap kepuasan Pelanggan Hotel Tanjung Asri Banyuwangi, Jurnal Ilmu manajemen dan Bisnis Vol 2 No,2 UM Jember

Suriyani. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Layanan 4G Telkomsel Di Samarinda Seberang. Ejournal Adiminstrasi Bisnis Vol.5 No.2. Universitas Mulawarman: Samarinda

Susetyo, M. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan PT Indosat Terhadap Loyalitas Pelanggan IM3 di wilayah Kabupaten Wonogiri Dengan Kepuasaan Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Suwarni Dan Mayasari, Septina Dwi. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis Th.16 No.1. Universitas Negeri Malang: Malang

Tjiptono, Fandy. 2006. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Bayumedia Publishing: Malang

Utami, Athira Tjahya Dan Trenggana, Arlin Ferlina Moch. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Telkomsel (Studi Pada Mahasiswa Universitas Telkom Bandung. E-Proceeding Of Management Vol.3 No.1. Universitas Telkom: Bandung

Zeithaml dan Bitner. 2003. Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm. Mc GrowHill/Irwin: Boston

Downloads

Published

2018-12-06

How to Cite

Insyroh, W., Setyowati, T., & Santoso, B. (2018). Determinan Kualitas Pelayanan, Harga dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Telkomsel Flash Di Bondowoso. International Journal of Social Science and Business, 2(3), 132–140. https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16212

Issue

Section

Articles