Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada Mini Market di Mutiara Mart Rowotengah Jember

Authors

  • Reza F. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Budi Santoso Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Eka Dewi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.25891

Keywords:

Strategi Pemasaran, Matrik SWOT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, untuk menyusun IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary). Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis SWOT yaitu analisis yang mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,kepada Informan Kunci dan Informan Utama Mutiara Mart Rowotengah Jember. Hasil Matrik IE didapatkan posisi Mutiara Mart Rowotengah Jember yaitu berada pada kuadran IV yang bertanda asterisk (3,05:2,6). yang berarti pada strategi stabilitas, strategi yang diterapkan meningkatkan kualitas produk, memepertahankan harga dan ketersediaan produk yang ada, mengembangkan promosi dengan memanfaatkan teknologi yang lebih canggih. Hasil dari Matrik SWOT Mutiara Mart ini mempunyai strategi pertama yaitu strategi S-O dimana strategi ini memanfaatkan kekuatan perusahaan untuk meraih peluang yang ada pada lingkungan luar, guna memperoleh keuntungan bagi perusahaan, berikut beberapa strateginya, kelengkapan produk tetap dijaga, memanfaatkan lokasi yang strategis untuk membuka cabang serta menarik konsumen, meningkatkan kualitas pelayanan

References

Manap, 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran.Jakarta : Mitra Wacana Media.

Freddy Rangkuti.(2003).Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Sopiah dan Syihabudhin, (2008), Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta.C.V

Wulandari, Devi. 2018, Strategi Pemasaran Usaha Kuliner Kober Mie Setan Kota Jember, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Jember,Jember.

Sugiyono,(2008).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Indiantoro Ndan Bambang Supomo.Metode Penelitian Bisnis.Yogyakarta.BPFE.1999

Kotler dan keller. 2009. Manajemen Pemasaran: Jilid 1. Edisi ke 13 Jakarta : Erlangga

Moleong.2009.Metodologi Penelitian.Jakarta :Raja Grafindo Persada

David, Fred R.2011.Management Strategis;Konsep-Konsep.Edisi Duabelas.Jakarta:Salemba

Darmanto, Didik. Pengaruh Variabel Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Rita Pasaraya Kebumen.

Hartono,Hendry,dkk 2012.Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan pada Perusahaan”Dengan menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara sebagai Objek Penelitian”.Universitas Bina Nusantara.Jakarta

Sugiyono,(2008).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

BandungAlfabeta

Downloads

Published

2020-07-03

How to Cite

F., R., Santoso, B., & Dewi, E. (2020). Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada Mini Market di Mutiara Mart Rowotengah Jember. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 301–307. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.25891

Issue

Section

Articles