Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli

Authors

  • Bagus Pangestu Jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Lanang Agung Parwata Jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Made Agus Wijaya Jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31937

Abstract

Kurangnnya fasilitas yang memadai dan dukungan dari orang tua mempengaruhi minat dan motivasi berprestasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli. Upaya mencapai prestasi yang baik maka pembinaan prestasi harus di lakukan sejak usia dini dan atlet muda berbakat sangat menentukan tercapainya prestasi atau kualitas pendidikan yang optimal dalam cabang olahraga dan bibit atlet yang unggul perlu mendapat pengelolaan yang ilmiah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui mendeskripsikan secara faktual minat dan motivasi berprestasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri se-Kecamatan Sukasada. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri se-Kecamatan Sukasada. Data intrumen dikumpulkan dengan menggunakan metode non tes yaitu kuesioner berjumlah 20 minat dan 20 motivasi. Teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hal ini menunjukan minat dan motivasi berprestasi peserta didik berpengaruh positif pada ekstrakurikuler Bolavoli di SMP Negeri se-Kecamatan Sukasada. Sampel berjumlah 67 orang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli. Hasilnya bahwa (1) minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri se-kecamatan sukasada kabupaten buleleng tahun pelajaran 2019/2020 yaitu 10 orang (14,9%)  mempunyai minat sangat tinggi, 16 orang (23,9%) tinggi, 22 orang (32,8%) sedang, 19 orang (28,4%) rendah, 0 orang (0%) sangat rendah. (2) Motivasi berprestasi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri se-kecamatan sukasada kabupaten buleleng tahun pelajaran 2019/2020 yaitu 11 orang (16,4%) masuk kategori sangat tinggi, 14 orang (20,9%) tinggi, 23 orang (34,3%) sedang, 19 orang (28,4%) rendah, 0 orang (0%) sangat rendah.

 

Kata Kunci : Minat,  Motivasi dan Ekstrakurikuler Bolavoli

References

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

Hamdu, G. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).

Hasan, S. (2015). Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V Sdn Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2).

Latipah, E. (2012). Pengantar Psikologi Pendidikan. PT. Pusaka Intan Madani.

Ngubaidillah, A. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2).

Paramitha, S. T. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Urnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga JPJO, 3(1), 41–51.

Soegiyanto. (2013). Keikutsertaan Masyarakat dalam Kegiatan Olahraga. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 3(1).

Suprayitno. (2014). Peran Permainan Tradisional Dalam Membantu Pertumbuhan Dan Perkembangan Gerak Anak Secara Menyeluruh. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 7–15.

Wicaksono, G. H. (2019). Kreativitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen 2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 95–100.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Pangestu, B., Parwata, I. G. L. A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 63–70. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31937

Issue

Section

Articles