Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK

Authors

  • I Made Widiana Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Panca Adi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Agus Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34859

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh mengenai motivasi belajar peserta didik, masih ditemukan peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sehingga diperlukan kiat untuk membangun motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK pada materi atletik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI  Akuntansi I, Akuntasi II, dan Akuntansi III SMK N 1 Bangli yang terdiri dari kelas, jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 99 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah  sampel jenuh. Data hasil belajar PJOK pada materi atlentik yang diambil dengan pencatatan dokumen, sedangkan data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang terdiri dari menghitung mean, median, modus, dan standar deviasi dan statistika inferensial berupa pengujian asumsi normalitas dan linearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi korelasi product moment dengan mengkorelasikan hasil belajar PJOK pada materi antkentik sebagai variabel terikat dan motivasi belajar sebagai variabel bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK pada peserta didik kelas XI Akuntansi SMK N 1 Bangli, yang ditunjukkan dengan hasil korelasi sebesarhitung (0.97) > rtabel(0.19). Berdasarkan analisis data dan pembahasan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK pada peserta didik kelas. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat memahami bahwa motivasi belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar perserta didik.

 

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar, PJOK

References

Abidin, Zainal, S. I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2). Retrieved from http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Medika Publishing.

Agung, A. A. G. (2016). Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Candiasa, I. M. (2011). Statistik Multivariat Disertai Aplikasi. Universitas Pendidikan Ganesha.

Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, I(1).

Kusmariyatni, N. (2012). Model Brain Based Learning Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2).

Muhajis, D. &. (2018). Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Idaarah, II(2), 216–228.

Paramitha, S. T. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. JPJO, 3(1), 41–51.

Qomarrullah, R. (2015). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Education, Health and Sport JPEHS, 2(2).

Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1).

Wicaksono, G. H. (2019). Kreativitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen 2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 95–100.

Yuliany, N. (2018). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Sdn Emmy Saelan Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a1.2018

Downloads

Published

2021-06-14

How to Cite

Putra, I. M. W., Panca Adi, I. P., & Wijaya, M. A. (2021). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34859

Issue

Section

Articles