Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34859Abstract
Berdasarkan data yang diperoleh mengenai motivasi belajar peserta didik, masih ditemukan peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sehingga diperlukan kiat untuk membangun motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK pada materi atletik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi I, Akuntasi II, dan Akuntansi III SMK N 1 Bangli yang terdiri dari kelas, jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 99 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Data hasil belajar PJOK pada materi atlentik yang diambil dengan pencatatan dokumen, sedangkan data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang terdiri dari menghitung mean, median, modus, dan standar deviasi dan statistika inferensial berupa pengujian asumsi normalitas dan linearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi korelasi product moment dengan mengkorelasikan hasil belajar PJOK pada materi antkentik sebagai variabel terikat dan motivasi belajar sebagai variabel bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK pada peserta didik kelas XI Akuntansi SMK N 1 Bangli, yang ditunjukkan dengan hasil korelasi sebesarhitung (0.97) > rtabel(0.19). Berdasarkan analisis data dan pembahasan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK pada peserta didik kelas. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat memahami bahwa motivasi belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar perserta didik.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar, PJOK
References
Abidin, Zainal, S. I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2). Retrieved from http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Medika Publishing.
Agung, A. A. G. (2016). Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Candiasa, I. M. (2011). Statistik Multivariat Disertai Aplikasi. Universitas Pendidikan Ganesha.
Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, I(1).
Kusmariyatni, N. (2012). Model Brain Based Learning Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2).
Muhajis, D. &. (2018). Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Idaarah, II(2), 216–228.
Paramitha, S. T. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. JPJO, 3(1), 41–51.
Qomarrullah, R. (2015). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Education, Health and Sport JPEHS, 2(2).
Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1).
Wicaksono, G. H. (2019). Kreativitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen 2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 95–100.
Yuliany, N. (2018). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Sdn Emmy Saelan Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a1.2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)