Pengembangan Video Pembelajaran Materi Atletik Lempar Cakram Pada Peserta Didik Menengah Pertama

Authors

  • Putu Chantika Candra Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Agus Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Hendra Mashuri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v5i1.84943

Keywords:

media pembelajaran, video, atletik, lempar cakram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran materi atletik (lempar cakram) pada peserta didik SMP.  Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi produk dari ahli materi pembelajaran, ahli desain/media pembelajaran, dan praktisi PJOK, serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk deskripsi presentase. Hasil penelitian menunjukkan 1) media video pembelajaran materi atletik (lempar cakram) sangat dibutuhkan oleh guru PJOK dan peserta didik, 2) rancangan tugas gerak disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dengan tiga tingkatan yaitu mudah, sedang dan sulit, 3) pengembangan dilakukan perekaman video, perekaman audio narasi, proses editing, uji ahli isi/materi pembelajaran dengan presentase 96,67% pada kategori sangat baik, ahli desain/media dan praktisi PJOK dengan presentase 93% pada kategori sangat baik dan uji praktisi PJOK dengan presentase 96% pada kategori sangat baik, 4) ditahap implementasi dilaksanakan uji kelompok kecil dengan presentase 97,33% dan uji kelompok besar 97,1% yang tergolong kedalam kategori sangat baik. 5) tahap evaluasi dapat dinyatakan bahwa produk media pembelajaran berupa video tutorial dan tugas gerak ini dapat digunakan dalam memfasilitasi peserta didik kelas VIII SMP untuk mempelajari materi lempar cakram. Disarankan kepada guru PJOK dapat mengimplementasikan video pembelajaran materi lempar cakram pada peserta didik SMP.

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik menggunakan model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62-78.

Ariawan, I. K. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Model Addie Pada Materi Passing Control Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3).

Artika, I. K. W., Darmayasa, I. P., & Dartini, N. P. D. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 156-161.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model ADDIE pada Materi Teknik Dasar TendanganPencak Silat Kelas VIISMP Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020.Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga), 5(2), 12– 18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934

Crystallography, X. D. (2016). Sejarah Lempar Cakram. 1–23.

Giri, K. T. P. U., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2016). Pengembangan media video pembelajaran pencak silat pada mata pelajaran penjaskes kelas VIII semester genap di smp negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Edutech Undiksha, 4(2).

Gumelar, L., & Sudarwanto, T. (2020). Pengembangan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Penataan Produk Materi Shelving (Rak) Kelas Xi Bdp Smk Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 764–770.

Hendriyani, Y., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85-88.

Irmansyah, J., Sakti, N. W. P., Syarifoeddin, E. W., Lubis, M. R., & Mujriah, M. (2020). Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar: deskripsi permasalahan, urgensi, dan pemahaman dari perspektif guru. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 115–131. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.31083

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.

Munasifah. (2008). Atletik Cabang Lempar. Semarang: Aneka Ilmu.

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82-90.

Purnomo, E. (2020). Atletik. Kemendikbud, 8–27.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Sadiman, S A.Et al. 2012. Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan

Pemanfaatnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.

Sokheh, M., Wahjoedi, S. P., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengembangan media video pembelajaran dengan model addie materi passing bola basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 5(2).

Suandi, I. N., Agung, A. A. G. A., Candiasa, I. M., Suastra, I. W., Tika, I. N., Pageh, I. M., & Dantes, G. R. (2016). Pedoman Penelitian Karya Ilmiah Untuk Program Diploma , Sarjana , Dan Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha, 141.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cv

Sukirno. 2018. Dasar-Dasar Atletik dan Latihan Fisik Menuju Prestasi Tinggi. Palembang: Unsri Press.

Suwiwa, I. G., Santyasa, I. W., & Kirna, I. M. (2016). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran pada mata kuliah teori dan praktik pencak silat. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 6(1).

Tegeh, I Made dan I Made Karin.2017. Metode Penelitian Pengembangan Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha

Tegeh, I. M., dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wati, N. K. W. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pjok Berbasis Video Tutorial pada Materi Aktivitas Pengembangan untuk Peserta Didik Kelas IX SMP Lab Undiksha (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Wiarto, G. (2016). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Wijaya, M. A. (2015). Developing Fundamental Movement Based Cooperative Learning Model In Primary School. Indonesian Journal of Educational Review, 2(1), 13-24.

Zakky.2020. Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara umum. Tersedia pada http://www.zonareferensi.com/pengertian-media-pembelajaran/

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Putu Chantika Candra Dewi, Wijaya, M. A., & Mashuri, H. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Atletik Lempar Cakram Pada Peserta Didik Menengah Pertama. Indonesian Journal of Sport and Tourism, 5(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/ijst.v5i1.84943

Issue

Section

Articles