Pengembangan Video Pembelajaran Materi Atletik Lempar Cakram Pada Peserta Didik Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v5i1.84943Keywords:
media pembelajaran, video, atletik, lempar cakramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran materi atletik (lempar cakram) pada peserta didik SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi produk dari ahli materi pembelajaran, ahli desain/media pembelajaran, dan praktisi PJOK, serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk deskripsi presentase. Hasil penelitian menunjukkan 1) media video pembelajaran materi atletik (lempar cakram) sangat dibutuhkan oleh guru PJOK dan peserta didik, 2) rancangan tugas gerak disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dengan tiga tingkatan yaitu mudah, sedang dan sulit, 3) pengembangan dilakukan perekaman video, perekaman audio narasi, proses editing, uji ahli isi/materi pembelajaran dengan presentase 96,67% pada kategori sangat baik, ahli desain/media dan praktisi PJOK dengan presentase 93% pada kategori sangat baik dan uji praktisi PJOK dengan presentase 96% pada kategori sangat baik, 4) ditahap implementasi dilaksanakan uji kelompok kecil dengan presentase 97,33% dan uji kelompok besar 97,1% yang tergolong kedalam kategori sangat baik. 5) tahap evaluasi dapat dinyatakan bahwa produk media pembelajaran berupa video tutorial dan tugas gerak ini dapat digunakan dalam memfasilitasi peserta didik kelas VIII SMP untuk mempelajari materi lempar cakram. Disarankan kepada guru PJOK dapat mengimplementasikan video pembelajaran materi lempar cakram pada peserta didik SMP.
References
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik menggunakan model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62-78.
Ariawan, I. K. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Model Addie Pada Materi Passing Control Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3).
Artika, I. K. W., Darmayasa, I. P., & Dartini, N. P. D. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 156-161.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta
Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model ADDIE pada Materi Teknik Dasar TendanganPencak Silat Kelas VIISMP Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020.Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga), 5(2), 12– 18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934
Crystallography, X. D. (2016). Sejarah Lempar Cakram. 1–23.
Giri, K. T. P. U., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2016). Pengembangan media video pembelajaran pencak silat pada mata pelajaran penjaskes kelas VIII semester genap di smp negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Edutech Undiksha, 4(2).
Gumelar, L., & Sudarwanto, T. (2020). Pengembangan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Penataan Produk Materi Shelving (Rak) Kelas Xi Bdp Smk Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 764–770.
Hendriyani, Y., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85-88.
Irmansyah, J., Sakti, N. W. P., Syarifoeddin, E. W., Lubis, M. R., & Mujriah, M. (2020). Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar: deskripsi permasalahan, urgensi, dan pemahaman dari perspektif guru. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 115–131. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.31083
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.
Munasifah. (2008). Atletik Cabang Lempar. Semarang: Aneka Ilmu.
Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82-90.
Purnomo, E. (2020). Atletik. Kemendikbud, 8–27.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Sadiman, S A.Et al. 2012. Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan
Pemanfaatnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.
Sokheh, M., Wahjoedi, S. P., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengembangan media video pembelajaran dengan model addie materi passing bola basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 5(2).
Suandi, I. N., Agung, A. A. G. A., Candiasa, I. M., Suastra, I. W., Tika, I. N., Pageh, I. M., & Dantes, G. R. (2016). Pedoman Penelitian Karya Ilmiah Untuk Program Diploma , Sarjana , Dan Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha, 141.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cv
Sukirno. 2018. Dasar-Dasar Atletik dan Latihan Fisik Menuju Prestasi Tinggi. Palembang: Unsri Press.
Suwiwa, I. G., Santyasa, I. W., & Kirna, I. M. (2016). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran pada mata kuliah teori dan praktik pencak silat. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 6(1).
Tegeh, I Made dan I Made Karin.2017. Metode Penelitian Pengembangan Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha
Tegeh, I. M., dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wati, N. K. W. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pjok Berbasis Video Tutorial pada Materi Aktivitas Pengembangan untuk Peserta Didik Kelas IX SMP Lab Undiksha (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Wiarto, G. (2016). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.
Wijaya, M. A. (2015). Developing Fundamental Movement Based Cooperative Learning Model In Primary School. Indonesian Journal of Educational Review, 2(1), 13-24.
Zakky.2020. Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara umum. Tersedia pada http://www.zonareferensi.com/pengertian-media-pembelajaran/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)