Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola

Authors

  • Ahmad Muhlisin Undiksha
  • Made Agus Wijaya Undiksha
  • I Gusti Lanang Agung Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31939

Abstract

Rendahnya aktifitas belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajarn yang digunakan guru cenderung monoton  menyebabkan hasil belajar siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar teknik dasar passing menggunakan kaki bagian dalam dan luar dalam permainan sepakbola. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas berjumlah 5 kelas dengan populasi 170 orang. Pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes  urian dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan signifikansi a=0.05. Data penelitian menunjukkan rata-rata gain skor ternormalisasi pada  kelompok eksperimen adalah 77,00, dengan standar deviasi 14.36, sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 60.00, dengan standar deviasi 16.50. Data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.003<0.05. Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam dan luar. Disarankan untuk guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar sisiwa.

 

Kata Kunci : Model pembelajaran STAD, hasil teknik dasar passing sepakbola

References

Aini, H. N., & Taufiq, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan, 6(2), 519–525.

Ardinata, I. K. R. W., & Dartini, N. P. D. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Penjakora, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14477

Dewi, A. I. T., & Sumantri, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV Di SD No. 1 Sembung Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Educational Action Research, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jear.v1i2.12039

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Penelitian Pem_belajaran, 1(1), 100–113. https://doi.org/https:// doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Haryono, D. T. C., Dantes, K. R., & Nugraha, I. N. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur Di Kelas XI TPM 1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjtm.v4i1.18987

Hasan, S. (2015). Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V Sdn Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2).

Jessicasari, A., & Hartati, S. C. Y. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi pada kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 661–666.

Khoiriah, D. S., & Yunyun, Y. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Pembentukan Nilai-Nilai Kerjasama Dalam Pembelajaran Permainan Hoki. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i1.3661

Murtiyasa, B., & Hayuningtyas, W. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Kooperatif Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 358–368. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2765

Ngubaidillah, A. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2).

Paramitha, S. T. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga JPJO, 3(1), 41–51.

Qomarrullah, R. (2015). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Education, Health and Sport JPEHS, 2(2).

Setiawan, A. (2017). Hubungan Authentic Assessment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.4 1

Setiawan, A., & Rahmat, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Bola Tangan Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ jpjo.v3i1.10188

Sofyan, D. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Keterampilan Lay-Up Shoot Bola Basket. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 690–695. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.740

Suarta, I. komang, & Dkk. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Penjakora, 8(2). Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id

Sukmadinata, & Nana, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan.. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suroyo, B. A. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola, 2(1), 56 – 60.

Suryanti, N. P. E., Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. N. (2016). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Permainan Tradisional Ular Naga Pada Anak Kelompok B. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini UNiversitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Susila, G. H. A., Setiawan, G. H., & Artha, I. K. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berlandasan Tat Twam Asi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Penjakora, 6(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17345

Tama, I. G. S., Artanayasa, I. W., & Satyawan, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. Jurnal Penjakora, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17641

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Wadudu, H., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Lari Cepat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 8–16.

Wesnawa, I. M. Y. J., Yasa, I. W. A., & Suputra, P. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepakbola. Jurnal Penjakora, 8(2).

Wicaksono, & Hendityo, G. (2019). Kreativitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen 2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi Vol., 5(2), 95–100.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Muhlisin, A., Wijaya, M. A., & Agung, I. G. L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 43–50. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31939

Issue

Section

Articles