Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital pada Materi Sepak Bola
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v6i1.78082Keywords:
bahan ajar, digital, sepakbola, ADDIEAbstract
Pada proses pembelajaran, bahan ajar sangat diperlukan untuk menunjang terlaksananya proses pembelajaran dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis digital pada materi sepak bola untuk kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil persentase dari ahli isi/materi pembelajaran sebesar 88,3% berkualifikasi baik, ahli desain pembelajaran sebesar 92,5 % berkualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 100% berkualifikasi sangat baik, ahli praktisi lapangan sebesar 98,3 % berkualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 85,7% berkualifikasi baik, uji coba kelompok kecil sebesar 85,4% berkualifikasi baik, dan uji coba lapangan sebesar 91,4% berkualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis digital pada materi sepak bola sangat layak digunakan untuk peserta didik kelas VII. Bahan ajar berbasis digital ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh guru PJOK sebagai alat bantu pembelajaran dan bisa dikembangkan sesuai kebutuhan sekolah dan materi ajar.
References
Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Aguss, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Permainan Sepatu Batok untuk Pembelajaran Sepak Bola Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sport-Mu Pendidikan Olahraga UM Jember, 1(1), 43–53.
Agustina, R. S. (2020). Buku Jago Sepak Bola. Tangerang Selatan: Cemerlang.
Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal TEKNODIK, 23(2), 99–110.
Artanayasa, I. W., Kusuma, K. C. A., Satyawan, I. M., & Mashuri, H. (2023). The android-based instrument for performance assessment of football. Cakrawala Pendidikan, 42(1), 110–119. https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.52483
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Ekawati, D., Gloriani, Y. & Mascita, D. E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Digital Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk Siswa Kelas VII di SMP. Jurnal Tuturan, 11(1), 46–55.
Fadhillah, R. dkk. (2023). Pengembangan E-modul Materi Sepak Bola Untuk Peeserta Didik Sekolah Menengah Pertama. JPO: Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 6(10), 1–7.
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Atlantis Plus Depok. Jurnal Instruksional, 3(1), 1–17.
Febriati, E. W. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran PJOK di SMP Se-Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Seminar Nasional Ke-Indonesiaan VII (FPIPSKR), 844–849.
Hermawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(4), 180–191.
Hidayat, W., Gede Suwiwa, I., Mashuri, H., Pendidikan, P., Kesehatan, J., & Rekreasi, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Pada Materi Teknik Dasar Passing dan Dribbling Bola Basket. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksha, 21(2), 91–98. https://doi.org/10.23887/ika.v21i2.69855
Hidayatullah, F. (2017). Ketepatan Penggunaan Istilah Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Permainan Bola Besar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Bangkalan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikandan Pembelajaran, 3(1), 1–11.
Hutahaean, L. A., Siswandari, dan H. (2019). Pemanfaatan E-modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED.
Iqbal, M. (2021). Peran PJOK dalam Pembentukan Karakter Watak Anak. SNPKO: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 1(2), 99–110.
Jatmiko, S. D., Harmono, S., Atrup, & Mashuri, H. (2022). Perbandingan latihan bola standar dan bola modifikasi terhadap kemampuan dribble sepakbola. JILO: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(1). https://doi.org/10.26418/jilo.v5i1
Kismono, A., & Dewi, R. (2021). Kontribusi Simulasi Game terhadap Passing Sepak Bola. Jurnal Olahraga & Kesehatan Indonesia, 1(2), 90–95.
Linda, R., D. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 191–200.
Mahmudah, A., dan Adeng, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Inndonesia, 17(1), 97–111.
Maksum, A. (2005). Olahraga Membentuk Karakter: Fakta atau Mitos. Jurnal Ordik, 3(1), 1–10.
Mappaompo, M. A., Saparia, A., Mashuri, H., Mappanyukki, A. A., & Juhanis. (2022). Shooting Accuracy of Concentration in the Game of Football. Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(II), 371–384. https://doi.org/10.31851/hon.v5i2.7087
Mashuri, H. (2022). Implementasi Pendekatan Kreatif Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Bagi Guru Sd Muhammadiyah 3 Denpasar. In Inovasi, Strategi Dan Implementasi … (pp. 133–140). Tulungagung: Akademia Pustaka.
Mashuri, H., Gunarto, P., Adi, I. P. P., Mappaompo, M. A., & Purwanto, D. (2022). Bahan Ajar Digital Ilmu Gizi Olahrga dalam Hybrid Learning: Sebuah Studi Pendahuluan. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.17977/um040v6i1p41-50
Mashuri, H., Mappaompo, A., Gunarto, P., & Herpandika, R. P. (2021). Pendekatan Kreatif Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: Adaptasi Pandemi COVID-19 untuk Membentuk Gaya Hidup Sehat. SEMDIKJAR 4: Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1501
Mashuri, H., Puspitasari, I. C., & Abadi, S. M. (2019). Pendidikan Jasmani dan Olahraga : Sebuah Pandangan Filosofi. Prosiding Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 383–390. Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/41/39
Maulina, Geelan, D., Basri, M., & Noni, N. (2021). Constructing WhatsApp-based speaking instructional material (WABSIM) for EFL teaching and learning: A need analysis. Asian EFL Journal, 28(12), 89–110. https://doi.org/10.35542/osf.io/eyk34
Munawar, B., Hasyim, A.F., & Ma’arif, M. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada PAUD Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4(2), 310–321.
Murod, M., Utomo, S., dan Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-modul Interaktif Berbasis Android untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219–232.
Nurhadi, N.A., D. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Online Bola Besar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Patria Education Journal, 1(1), 44–54.
Nurhadi, N. A. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Online Bola Besar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Patria Education Jurnal, 1(2), 44–54.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Pratiwi, A. S., Nugraheni, W., & Maulana, F. (2023). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMK: Dampak Penghapusan Mata Pelajaran PJOK. Jurnal Educatio, 9(4), 1719–1725.
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. JOPE: Journal of Sport Education, 1(2), 56–65.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syafrizal, R., Suherman, A., & Saptani, E. (2018). Pengaruh Permainan Sepak Bola Kucing-kucingan terhadap Passing dan Control dalam Sepak Bola. Sportive, 3(1), 621–630.
Syarifuddin, M. dan. (2018). Model-model Evaluasi Pendidikan. Mitra Ash-Shibyan Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1).
Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis Minar Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran PJOK Selama Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) di MAN 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal Of Education, 8(1), 185–201.
Widyalaksono, P., Mashuri, H., & Lusianti, S. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Pola Langkah Pencak Silat Sekolah Dasar. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 8–17.
Wulandari, F., Yogica, R., dan Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 139–144.
Downloads
Published
Versions
- 2024-08-01 (2)
- 2024-06-01 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)