Motivasi Peserta Didik Berolahraga pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • I Gede Ari Suandiana Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Artanayasa Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Semarayasa Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.35429

Abstract

Olahraga menjadi suatu kebutuhan yang penting ditengah pandemic covid-19. Olahraga memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatan daya tahan tubuh dan jugameingkatkan konsentrasi belajar siswa. Disisi lain olahraga dapat membentuk sel tubuh yang berguna untuk mencegah penyakit seperti kanker, diabetes, cedera, serta menurunkan tingkat stres. Persebaran virus covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan kegiatan olahraga pada siswa.  Hal ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam melakukan kegiatan olahraga. Dengan begitu peneilitian ini bertujuan untuk meneliti motivasi peserta didik dalam berolahraga pada masa pandemic covid-19 di SMP Negeri satu atap 1 Gerokgak. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII, VIII, IX dengan menggunakan non-random sampling yaitu quota sampling sebesar 25%. Sehingga, sample yang digunakan yaitu 32 siswa dari total siswa di SMP Negeri satu atap 1 Gerokgak. Hasil yang didapat menunjukan bahwa motivasi siswa SMP Negeri satu atap 1 gerokgak dalam berolahraga di masa pandemi yaitu sangat tinggi. Hal ini ditunjukan dengan skor yang dicapai yaitu sebesar 61.

Kata Kunci: Motivasi, Pandemi Covid-19, Olahraga

 

References

Abdulaziz, M. F., Dharmawan, D. B., & Putri, D. T. (2016). Motivasi mahasiswa terhadap aktivitas olahraga pada sore hari di sekitar area taman sutera Universitas Negeri Semarang. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(2), 113–120. https://doi.org/10.15294/jpehs.v3i2.7594

Ahmadi, A. (1991). Psikologi sosial. Rineka Cipta.

Danim, S. (2010). Pengantar pendidikan. ALFABETA.

Ginanjar, A. (2018). Model pembelajaran taktis dan motivasi belajar terhadap kebugaran jasmani siswa SMK. Jurnal Kependidikan, 2(2), 409–419. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.10746

Harianto, M. I. F., & Hartati, S. C. Y. (2016). Perbandingan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan antara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gondang dengan MTS Miftahul Ulum Gondang, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pendidikan Jasmani, 4(2), 301–306.

Harsuki, H. (2003). Perkembangan olahraga terkini. Rajagrafindo Persada.

Indrawan, Y., & Riyoko, E. (2020). Kebijakan dispora kota Palembang dalam mengembangkan minat masyarakat untuk berolahraga. Jurnal Halaman Olahraga Nusantara, 3(2), 157. https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4449

Munandar, A., & Hartati, S. C. Y. (2016). Perbandingan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas 3 dan kelas 5 di SDN Jatilangkung Mojokerto. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1), 231–235.

Mutohir, T. C., & Maksum, A. (2007). Sport development index. Kemenpora.

Sardiman, A. (2011). Interaksi dan motiasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada.

Siswoyo, D. (2007). Ilmu pendidikan. UNY Press.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Suandiana, I. G. A., Artanayasa, I. W., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi Peserta Didik Berolahraga pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 51–56. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.35429

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)