Motivasi Peserta Didik Berolahraga pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.35429Abstract
Olahraga menjadi suatu kebutuhan yang penting ditengah pandemic covid-19. Olahraga memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatan daya tahan tubuh dan jugameingkatkan konsentrasi belajar siswa. Disisi lain olahraga dapat membentuk sel tubuh yang berguna untuk mencegah penyakit seperti kanker, diabetes, cedera, serta menurunkan tingkat stres. Persebaran virus covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan kegiatan olahraga pada siswa. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam melakukan kegiatan olahraga. Dengan begitu peneilitian ini bertujuan untuk meneliti motivasi peserta didik dalam berolahraga pada masa pandemic covid-19 di SMP Negeri satu atap 1 Gerokgak. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII, VIII, IX dengan menggunakan non-random sampling yaitu quota sampling sebesar 25%. Sehingga, sample yang digunakan yaitu 32 siswa dari total siswa di SMP Negeri satu atap 1 Gerokgak. Hasil yang didapat menunjukan bahwa motivasi siswa SMP Negeri satu atap 1 gerokgak dalam berolahraga di masa pandemi yaitu sangat tinggi. Hal ini ditunjukan dengan skor yang dicapai yaitu sebesar 61.
Kata Kunci: Motivasi, Pandemi Covid-19, Olahraga
References
Abdulaziz, M. F., Dharmawan, D. B., & Putri, D. T. (2016). Motivasi mahasiswa terhadap aktivitas olahraga pada sore hari di sekitar area taman sutera Universitas Negeri Semarang. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(2), 113–120. https://doi.org/10.15294/jpehs.v3i2.7594
Ahmadi, A. (1991). Psikologi sosial. Rineka Cipta.
Danim, S. (2010). Pengantar pendidikan. ALFABETA.
Ginanjar, A. (2018). Model pembelajaran taktis dan motivasi belajar terhadap kebugaran jasmani siswa SMK. Jurnal Kependidikan, 2(2), 409–419. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.10746
Harianto, M. I. F., & Hartati, S. C. Y. (2016). Perbandingan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan antara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gondang dengan MTS Miftahul Ulum Gondang, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pendidikan Jasmani, 4(2), 301–306.
Harsuki, H. (2003). Perkembangan olahraga terkini. Rajagrafindo Persada.
Indrawan, Y., & Riyoko, E. (2020). Kebijakan dispora kota Palembang dalam mengembangkan minat masyarakat untuk berolahraga. Jurnal Halaman Olahraga Nusantara, 3(2), 157. https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4449
Munandar, A., & Hartati, S. C. Y. (2016). Perbandingan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas 3 dan kelas 5 di SDN Jatilangkung Mojokerto. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1), 231–235.
Mutohir, T. C., & Maksum, A. (2007). Sport development index. Kemenpora.
Sardiman, A. (2011). Interaksi dan motiasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada.
Siswoyo, D. (2007). Ilmu pendidikan. UNY Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)