PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATERI TEKNIK DASAR KUDA-KUDA DAN POLA LANGKAH PENCAK SILAT KELAS VII SMP

Penulis

  • Komang Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v20i2.47481

Kata Kunci:

Pencak Silat, ADDIE, E-modul Interaktif

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi, informasi, dan komunikasi secara tidak langsung berpengaruh terhadap media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran, salah satu adalah pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif materi teknik dasar kuda-kuda dan pola langkah pencak silat kelas VII SMP. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validitas produk yang dilakukan oleh para ahli pembelajaran, diperoleh nilai persentase ahli isi/materi pembelajaran 95% berkualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran 92,5% berkualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran 97,5% berkualifikasi sangat baik, dan ahli praktisi lapangan 96,7% berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji coba produk, diperoleh nilai persentase uji coba perorangan sebesar 96,1% berkualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 93,5% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba lapangan sebesar 86,1% berkualifikasi baik. Dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pencak silat pada peserta didik kelas VII SMP.

Referensi

Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., dan Sukmana, A. I. W. L. Y. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), hlm. 180-191. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20290

Dermawan, dan Fahmi, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), hlm. 508-515. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/29123/16598

Giri, K. T. P. U., Jampel, I. N., dan Pudjawan, K. (2016). “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pencak Silat pada Mata Pelajaran PENJASKES Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 1 Seririt Tahun Pelajaran 2015/2016.” E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/7634/5206

Hutahaean, L. A., Siswandari, dan H. (2019). Pemanfaatan E-modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38744

Linda, R., dkk. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), hlm. 191-200. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/19012/13623

Mahmudah, A., dan Adeng, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Inndonesia, 17(1), 97–111. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/26515/12402

Mardiah dan Syarifuddin. (2018). Model-model Evaluasi Pendidikan. Mitra Ash-Shibyan Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1). https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitra-ash-syibyan/article/view/24

Murod, M., Utomo, S., dan Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-modul Interaktif Berbasis Android untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), hlm. 219-232. http://fenomena.iain-jember.ac.id/index.php/fenomena/article/view/61/53

Nalarita, Y., dan Listiawan, T. (2018). Pengembangan E-Modul Kontekstual Interaktif Berbasis Web pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon. Multitek Indonesia: Jurnal Ilmiah, 12(2), hlm. 85-94. http://journal.umpo.ac.id/index.php/multitek/article/view/1125/908

Nopiani, R., Suarjana, I M., dan Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), hlm. 276-286. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/36058

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), hlm. 171-187. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (n.d.). Indonesia.

Saraswati, S., Linda, R., dan H. (2019). “Development of Interactive E-Module Chemistry Magazine Based on Kvisoft Flipbook Maker for Thermochemistry Materials at Second Grade Senior High School.” Journal of Science Learning, 3(1), hlm. 1-6. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1251712.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I. M., & K. I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Winatha, K. R., dan Abubakar, M. M. (2018). The Usage Effectivity of Project-Based Interactive E-module in Improving Students’Achievement. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(2), hlm. 198-202. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/20001/11199

Wiratama, G. N. K., Dan Margunayasa, I. G. (2021). E-Modul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 Tema 5. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 258–267. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/34805

Wulandari, F., Yogica, R., dan Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), hlm. 139-144. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/10809/4255

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-30

Terbitan

Bagian

Articles