E-Modul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 Tema 5

Authors

  • Ngurah Komang Wiratama PGSD
  • I Gede Margunayasa PGSD

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34805

Keywords:

E-Modul Interaktif, IPA, ADIEE.

Abstract

Siswa seringkali mengalami kesulitan dalam memahami suatu topik bahasan akibatnya pembelajaran menjadi kurang efektif. Oleh sebab itu, perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran seperti E-modul interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul interaktif muatan IPA pada sub tema 1 tema yang teruji validitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan tatanan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media dan 2 guru ahli praktisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner dengan menggunakan instrumen rating scale yang berupa lembar penilaian para ahli. Data yang diproleh dari hasil uji validitas kemudian diolah menggunakan rumus mean untuk mengetahui hasil rata-rata skor validitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor dari ahli materi 4.41, dari ahli media 4.73, dan dari praktisi 4.96. Hasil tersebut menunjukan e-modul interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Dengan demikian maka E-Modul Interaktif muatan IPA pada sub tema 1 tema 5 kelas V SD dinyatakan valid dan dapat digunakan didalam proses pembelajaran di kelas V SD khususnya materi ekosistem.

References

Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., A.A. Oloyede b, N. T. S.-B., Olawoyin, L. A., Mejabi, O. V., Imam-Fulani, Y. O., Fahm, A. O., & Azeez, A. L. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes: A systematic review. Heliyon, 6(11), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312.

Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing. https://doi.org/10.33394/bjib.v8i1.2657.

Amponsah, S., Kwesi, A. B., & Ernest, A. (2019). Lin’s creative pedagogy framework as a strategy for fostering creative learning in Ghanaian schools. Thinking Skills and Creativity, 31, 11–18. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.09.002.

Anggraini, D. R. (2018). Pengembangan E-Modul Materi Energi Dan Perubahannya Dengan Pendekatan Saintifik Kelas IV SD/MI. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34805.

Antari, N. L. G. S., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116–123. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Atmaji, R. D., & Maryani, I. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SD. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.687.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2). https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307.

Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Guided Inquiry Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 144–151. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/download/14264/7795.

Budiarti, W. N., & Riwanto, M. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E Modul) Keterampilan Berbahasa Dan Sastra Indonesia SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 97–104. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.996.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Darmawan, I. P. A. W., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus I Kecamatan Mengwi. Mimbar PGSD, 5(3), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12422.

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.

Dewi, P. P. Y., Manuaba, I. S., & Suniasih, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 1(4), 264. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12957.

Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513.

Hendracipta, N. (2016). Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 109–116. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v2i1.672.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, 4(2), 128–135. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1885.

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017a). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017.

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017b). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimis Sistem Industri, 16(2), 150–157. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478.

Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197–102. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156.

Kuncahyono, K. (2018). Pengembangan E-Modul Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219–231. http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75.

Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.

Lavi, R., Tal, M., & Dori, Y. J. (2021). Perceptions of STEM alumni and students on developing 21st century skills through methods of teaching and learning. Studies in Educational Evaluation, 70, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101002.

Maharcika, A. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD/MI. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240.

Nalarita, Y., & L. (2018). Pengembangan E-Modul Kontesktual Interaktif Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon. Multitek Indonesia, 12(2), 85–94. https://doi.org/10.24269/mtkind.v12i2.1125.

Nithyanandama, G. K. (2020). A framework to improve the quality of teaching-learning process a case study. Procedia Computer Science, 172, 92–97. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.013.

Permana, I. P. B. A., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study SD Kelas V. Mimbar PGSD, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063.

Rovers, S. F. E., Clarebout, G., Savelberg, H. H. C. M., & van Merriënboer, J. J. G. (2018). Improving student expectations of learning in a problem-based environment. Computers in Human Behavior, 87, 416–423. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.02.016.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

Santoso. (2017). Panduan Praktis Penyusun e-Modul Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. https://awan965.files.wordpress.com/2017/09/panduan_penyusunan-e-modul-2017_final_edit.pdf.

Solikin, I. (2018). Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile. JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 492–497. https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.393.

Suandewi, N. P., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Nos Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12061.

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230. http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830.

Sung, E. (2017). The influence of visualization tendency on problem-solving ability and learning achievement of primary school students in South Korea. Thinking Skills and Creativity, 26, 168–175. https://doi.org/doi:10.1016/j.tsc.2017.10.

Suparya, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 2(2), 19–24. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/95.

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 389–395. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592.

Zakiah, & Khairi, F. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El Midad, 11(1), 85–100. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1906.

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Wiratama, N. K., & Margunayasa, I. G. (2021). E-Modul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 Tema 5. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 258–267. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34805

Issue

Section

Articles