E-Modul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 Tema 5
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34805Keywords:
E-Modul Interaktif, IPA, ADIEE.Abstract
Siswa seringkali mengalami kesulitan dalam memahami suatu topik bahasan akibatnya pembelajaran menjadi kurang efektif. Oleh sebab itu, perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran seperti E-modul interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul interaktif muatan IPA pada sub tema 1 tema yang teruji validitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan tatanan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media dan 2 guru ahli praktisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner dengan menggunakan instrumen rating scale yang berupa lembar penilaian para ahli. Data yang diproleh dari hasil uji validitas kemudian diolah menggunakan rumus mean untuk mengetahui hasil rata-rata skor validitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor dari ahli materi 4.41, dari ahli media 4.73, dan dari praktisi 4.96. Hasil tersebut menunjukan e-modul interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Dengan demikian maka E-Modul Interaktif muatan IPA pada sub tema 1 tema 5 kelas V SD dinyatakan valid dan dapat digunakan didalam proses pembelajaran di kelas V SD khususnya materi ekosistem.
References
Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., A.A. Oloyede b, N. T. S.-B., Olawoyin, L. A., Mejabi, O. V., Imam-Fulani, Y. O., Fahm, A. O., & Azeez, A. L. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes: A systematic review. Heliyon, 6(11), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312.
Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing. https://doi.org/10.33394/bjib.v8i1.2657.
Amponsah, S., Kwesi, A. B., & Ernest, A. (2019). Lin’s creative pedagogy framework as a strategy for fostering creative learning in Ghanaian schools. Thinking Skills and Creativity, 31, 11–18. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.09.002.
Anggraini, D. R. (2018). Pengembangan E-Modul Materi Energi Dan Perubahannya Dengan Pendekatan Saintifik Kelas IV SD/MI. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34805.
Antari, N. L. G. S., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116–123. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Atmaji, R. D., & Maryani, I. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SD. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.687.
Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2). https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307.
Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Guided Inquiry Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 144–151. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/download/14264/7795.
Budiarti, W. N., & Riwanto, M. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E Modul) Keterampilan Berbahasa Dan Sastra Indonesia SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 97–104. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.996.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Darmawan, I. P. A. W., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus I Kecamatan Mengwi. Mimbar PGSD, 5(3), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12422.
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.
Dewi, P. P. Y., Manuaba, I. S., & Suniasih, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 1(4), 264. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12957.
Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513.
Hendracipta, N. (2016). Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 109–116. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v2i1.672.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.
Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, 4(2), 128–135. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1885.
Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017a). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017.
Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017b). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimis Sistem Industri, 16(2), 150–157. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478.
Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197–102. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156.
Kuncahyono, K. (2018). Pengembangan E-Modul Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219–231. http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75.
Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.
Lavi, R., Tal, M., & Dori, Y. J. (2021). Perceptions of STEM alumni and students on developing 21st century skills through methods of teaching and learning. Studies in Educational Evaluation, 70, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101002.
Maharcika, A. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD/MI. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240.
Nalarita, Y., & L. (2018). Pengembangan E-Modul Kontesktual Interaktif Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon. Multitek Indonesia, 12(2), 85–94. https://doi.org/10.24269/mtkind.v12i2.1125.
Nithyanandama, G. K. (2020). A framework to improve the quality of teaching-learning process a case study. Procedia Computer Science, 172, 92–97. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.013.
Permana, I. P. B. A., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study SD Kelas V. Mimbar PGSD, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063.
Rovers, S. F. E., Clarebout, G., Savelberg, H. H. C. M., & van Merriënboer, J. J. G. (2018). Improving student expectations of learning in a problem-based environment. Computers in Human Behavior, 87, 416–423. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.02.016.
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.
Santoso. (2017). Panduan Praktis Penyusun e-Modul Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. https://awan965.files.wordpress.com/2017/09/panduan_penyusunan-e-modul-2017_final_edit.pdf.
Solikin, I. (2018). Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile. JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 492–497. https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.393.
Suandewi, N. P., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Nos Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12061.
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230. http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830.
Sung, E. (2017). The influence of visualization tendency on problem-solving ability and learning achievement of primary school students in South Korea. Thinking Skills and Creativity, 26, 168–175. https://doi.org/doi:10.1016/j.tsc.2017.10.
Suparya, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 2(2), 19–24. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/95.
Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 389–395. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592.
Zakiah, & Khairi, F. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El Midad, 11(1), 85–100. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1906.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)