E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku

Ririn Nopiani, I Made Suarjana, Made Sumantri

Abstract


Kurangnya penggunaan sumber belajar berupa media dan bahan ajar dapat berpengaruh pada proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku Kelas IV SD/MI. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, biaya, dan sumber daya, penelitian ini pada tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan. Subjek penelitian ini adalah e-modul interaktif pada pembelajaran tematik tema 6 subtema 2 hebatnya cita-citaku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, koesioner, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrument koesioner berbentuk rating scale yang diujikan kepada ahli media, ahli materi, praktisi, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan e-modul interaktif pada pembelajaran tematik tema 6 subtema 2 hebatnya cita-citaku pembelajaran 1-3 yang sudah teruji validitasnya. Didapati hasil validitas isi ahli media dan ahli materi mendapatkan skor tertinggi sebesar 1 dengan kategori sangat valid dan skor terendah sebesar 0,75 dengan kategori valid, respon guru mendapatkan skor 86,77% dengan kategori baik dan respon siswa dengan skor 92,93% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dikatakan bahwa e-modul interaktif pada pembelajaran tematik tema 6 subtema 2 hebatnya cita-citaku valid dengan kualifikasi sangat baik sehingga dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Keywords


e-modul interakti; pembelajaran tematik; pengembangan

References


Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendiidkan. Aditya Media Publishing.

Agustini, S., Amin, B. D., & Yani, A. (2021). Pengembangan E -Modul Interaktif berbasis Problem Solving pada Pembelajaran Fisika. 1–4. http://eprints.unm.ac.id/18963/

Anggraini, D. R. (2018). Pengembangan E-Modul Materi Energi Dan Perubahannya Dengan Pendekatan Saintifik Kelas IV SD/MI. UIN Raden Intan Lampung.

Annissa Delfira. (2021). Meta-analysis The Validity of Learning Media E-learning Based on Edmodo for Senior High School Biology Learning. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 8(1), 7–13. https://doi.org/10.29407/jbp.v8i1.15781

Aryawan, R., Sudatha, IGW, & Sukmana, A. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6 (2), 180–191. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20290

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. https://www.ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/720

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Undiksha Press.

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 433–441.

Diputra, K. S. (2016). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. March. https://www.researchgate.net/publication/315105651

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.226

Fauziah, I. Z. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 2(2), 154–159. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1703

Fitriyani, N. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL POWTOON TENTANG KONSEP DIRI DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/950

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017

Jannah, Y. M., Yuniawatika, Y., & Mudiono, A. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Game Based Learning Materi Pengukuran Dengan Penguatan Karakter Gemar Membaca dan Menghargai Prestasi. Jurnal Gantang, 5(2), 179–189. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2338

John, Y. J. (2015). A “New” Thematic, Integrated Curriculum for Primary Schools of Trinidad and Tobago: A Paradigm Shift. International Journal of Higher Education, 4(3), 172–187. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n3p172

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75

Laili, I. (2019). EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN E-MODUL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840

Mahardika, B. N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Aplikasi E-Modul Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar. Akademika, 10(01), 13–24. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322

Mahuze, P. N. (2017). PERANAN MEDIA GAMBAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN AGAMA KATOLIK Paustina N. Mahuze 1. JURNAL JUMPA, V(1), 38–52. https://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/36

Malawi. (2019). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Mardiyana, E. (2019). Implementasi kurikulum 2013 di sekolah. 2015, 817–821. https://doi.org/10.31219/osf.io/fe7bt

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1–12. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/1190

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenada Media.

Pratama, D. K. G. (2019). E-Modul Tematik Berbasis Inquiry Menggunakan Aplikasi Software Lectora Inspire. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, Vol. 3, No, 219–228. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/38

Rahayu, I., & Yulistiani, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sdn Kencana Indah II. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, I, 219–230. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.28

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas E-Modul Matematika Berbasis EPUB3 Menggunakan Analisis Rasch Model. Jurnal Gantang, 5(2), 95–111. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2535

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Parama Publishing.

Retnawati, H., Hadi, S., & Nugraha, A. C. (2016). Vocational high school teachers’ difficulties in implementing the assessment in curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. International Journal of Instruction, 9(1), 33–48. https://doi.org/10.12973/iji.2016.914a

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran (Diktat). Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Sihotang, I. M., & Husna, F. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/view/1579

Suda, I. K. (2013). Pentingnya Media Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sudarma, dkk. (2015). Desain Pesan; Kajian Analitis Desain Visual (Teks dan Image). Graha Ilmu.

Sudatha, I. G. W. dan Tegeh, I. M. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Media Akademi.

Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 3(Vol 3 (2015): SENARI 2015), 208–216. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/507

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Jurnal basicedu. 5(3), 1210–1222. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899

Wahyudi, N. G. (2019). Desain pesan pembelajaran di era digital. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 104–135. https://doi.org/http://doi.org/10.32478/evaluasi.v.3i1.224

Wibawanto, W., & Ds, S. S. M. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463

Yuliawati, L., Aribowo, D., & Hamid, M. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 35–42. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6197




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058

Article Metrics

Abstract view : 425 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha  



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.