E-Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku

Authors

  • Ririn Nopiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sumantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058

Keywords:

e-modul interakti, pembelajaran tematik, pengembangan

Abstract

Kurangnya penggunaan sumber belajar berupa media dan bahan ajar dapat berpengaruh pada proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku Kelas IV SD/MI. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, biaya, dan sumber daya, penelitian ini pada tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan. Subjek penelitian ini adalah e-modul interaktif pada pembelajaran tematik tema 6 subtema 2 hebatnya cita-citaku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrument koesioner berbentuk rating scale yang diujikan kepada ahli media, ahli materi, praktisi, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan e-modul interaktif pada pembelajaran tematik tema 6 subtema 2 hebatnya cita-citaku pembelajaran 1-3 yang sudah teruji validitasnya. Didapati hasil validitas isi ahli media dan ahli materi mendapatkan skor tertinggi sebesar 1 dengan kategori sangat valid dan skor terendah sebesar 0,75 dengan kategori valid, respon guru mendapatkan skor 86,77% dengan kategori baik dan respon siswa dengan skor 92,93% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dikatakan bahwa e-modul interaktif pada pembelajaran tematik tema 6 subtema 2 hebatnya cita-citaku valid dengan kualifikasi sangat baik sehingga dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Ririn Nopiani, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Made Suarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Made Sumantri, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Amelia, W. (2019). Praktek Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. In Ebook. http://info.trilogi.ac.id/repository/assets/uploads/PGSD/86422-buku-ajar-praktek-pembelajaran-terpadu-di-sd.pdf.

Annissa Delfira. (2021). Meta-analysis The Validity of Learning Media E-learning Based on Edmodo for Senior High School Biology Learning. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 8(1), 7–13. https://doi.org/10.29407/jbp.v8i1.15781.

Aryawan, R., Sudatha, IGW, & Sukmana, A. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6 (2), 180–191. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.

Asrul, & Hardianto, E. (2020). Kendala Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMP N Satap 1 Ladongi. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. http://www.fkipumkendari.ac.id/assets/upload/plp_magang/fded28a2c1940af27a834b64f9006ea2.pdf.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Cahyani, S. A., Satriyani, F. Y., & Jakarta, U. T. (2020). Curriculum 2013 Implementation At Sdsn Kalibata 11 Pagi. 07(02), 348–376. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/1273/763.

Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Undiksha Press. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/download/14197/9437.

Daulay, musnar indra, & Daulay, henri yanto. (2020). Penerapan pembelajaran bermakna di kelas II sekolah dasar. 5(2011), 1–25. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/944/849/1885.

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475.

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980.

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.226.

Fauziah, I. Z. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 2(2), 154–159. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1703.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017.

John, Y. J. (2015). A “New” Thematic, Integrated Curriculum for Primary Schools of Trinidad and Tobago: A Paradigm Shift. International Journal of Higher Education, 4(3), 172–187. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n3p172.

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75.

Kurniasih, E. P. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan 2020, 277–289. https://feb.untan.ac.id/wp-content/uploads/2020/12/Erni-1.pdf.

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.

Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095.

Mahardika, B. N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Aplikasi E-Modul Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar. Akademika, 10(01), 13–24. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322.

Mahuze, P. N. (2017). Peranan Media Gambar Dalam Proses Pembelajaran Agama Katolik Paustina N. Mahuze 1. JURNAL JUMPA, V(1), 38–52. https://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/download/36/33/.

Malawi. (2019). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. CV. Ae Media Grafika. https://books.google.com/books/about/Teori_Dan_Aplikasi_Pembelajaran_Terpadu.html?id=MoCWDwAAQBAJ.

Mardiyana, E. (2019). Implementasi kurikulum 2013 di sekolah. 2015, 817–821. https://doi.org/10.31219/osf.io/fe7bt.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324.

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569.

Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1–12. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/download/1190/876.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenada Media. https://books.google.com/books/about/Analisis_Pembelajaran_Tematik_Terpadu.html?id=jeCxDwAAQBAJ.

Pratama, D. K. G. (2019). E-Modul Tematik Berbasis Inquiry Menggunakan Aplikasi Software Lectora Inspire. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, Vol. 3, No, 219–228. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/38.

Putra, riza anugrah, Kamil, M., & Pramudia, joni rahmat. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 23–36. https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/download/8723/5413.

Rahayu, I., & Yulistiani, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sdn Kencana Indah II. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, I, 219–230. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.28.

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas E-Modul Matematika Berbasis EPUB3 Menggunakan Analisis Rasch Model. Jurnal Gantang, 5(2), 95–111. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2535.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/heri-retnawati-dr/analisis-instrumen-penelitiana4100hal.pdf.

Retnawati, H., Hadi, S., & Nugraha, A. C. (2016). Vocational high school teachers’ difficulties in implementing the assessment in curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. International Journal of Instruction, 9(1), 33–48. https://doi.org/10.12973/iji.2016.914a.

Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37.

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran (Diktat). Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32843.

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842.

Sihotang, I. M., & Husna, F. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058.

Sudarma, dkk. (2015). Desain Pesan; Kajian Analitis Desain Visual (Teks dan Image). Graha Ilmu. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 3(Vol 3 (2015): SENARI 2015), 208–216. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/507/352/.

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Jurnal basicedu. 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899.

Wahyudi, N. G. (2019). Desain pesan pembelajaran di era digital. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 104–135. http://doi.org/10.32478/evaluasi.v.3i1.224.

Wibawanto, W., & Ds, S. S. M. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021.

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463.

Yuliawati, L., Aribowo, D., & Hamid, M. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 35–42. http://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6197.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276–286. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058

Issue

Section

Articles