MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V

Authors

  • Anak Agung Istri Mira Utari Dewi Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Surya Manuaba Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • M.G Rini Kristiantari Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28894

Keywords:

CTL, Tri Kaya Parisudha, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini muatan materi IPA sulit dipahami, siswa tidak mau bertanya saat mengalami kesulitan belajar mengakibatkan rendahnya Kompetensi Pengetahuan IPA sehingga KKM tidak tercapai secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Gianyar. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen (eksperimen semu), serta untuk mengetahui kesetaraan kelompok dalam Pretest digunakan rancangan desain Non Equivalen Control Group Design. Sebelum melakukan kesetaraan kelompok terlebih dahulu diketahui populasi yang dgunakan yaitu keseluruh siswa kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Gianyar yang berjumlah 152 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan cara teknik random sampling. Dalam sampel penelitian ini kelompok eksperimen ialah SDN 1 Siangan yang berjumlah 38 orang siswa dan sebagai kelompok kontrol yaitu SDN 3 Siangan yang berjumlah 36 orang siswa. Metode tes yang digunakan sebagai pengumpulan data siswa yaitu tes objektif. Data yang dianalisis yaitu Kompetensi Pengetahuan IPA. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus pollend varians. Pada kelompok eksperimen rerata kompetensi pengetahuan IPA yaitu  = 83,97 dan kelompok kontrol = 76,91. Analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa thitung  = 3,922 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5%, dk = 38 + 36 – 2 = 72, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning berbasis Tri Kaya Parisudha dengan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa kelas V SDN gugus VIII Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan pemerolehan analisis data Kompetensi Pengetahuan IPA rerata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol sehingga penerapan model Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dapat meningkatkan hasil Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V, sehingga model Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus VIII Tahun Ajaran 2019/2020.

 

References

Arini, N. K. A. D., Murda, I. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Korelasi Antara Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1), 20–31.

Afdoli. (2016). Pengaruh Model CTL Dengan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA. https://lib.unnes.ac.id/24456/.

Amertha, Sri. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Pendekatan CTL. Vol 1. No 1. Jurnal PGSD FIP UNP. Universitas Negeri Padang.

Agustiana, Tri. (2013). Penerapan Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Vol. 1 No. 1.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/915/0

Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science (Clis) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal Of Education Technology. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V1i2.11774

Aryani, Ni Kt. Sri (2013) . Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contectual Teaching Learning) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/915/0

Ayu, I. G., W, I. W., Kt, D. B., & Sem, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK ) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. 3(1), 15–24

Dantes, Nyoman.2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Dewi, Nym. Riska Yulistya (2013).Pengaruh Pendekatan CTL Berbantuan Penilaian Kinerja Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Sangsit. Vol 1, No 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/732

Dewi, Synthia. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching And Learning. Journal of Elementary Education. Volume 02 Number 06, November 2019.

Hadiyanta, Nur. (2011). Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Vol 43. No. 1. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Handini, Dea. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching and learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Vol. 1 No. 1. Jurnal Pena Ilmiah. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hartini, Nanik. (2010). Penerapan model pembelajaran CTL untuk meningkatkan motivasi belajar IPA. Diss. Universitas Sebelas Maret.

Herawati, Endang Sri Budi. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV. https://www.researchgate.net/publication/340682201_Pengaruh_Model_Pembelajaran_Contextual_Teaching_And_Learning_CTL_Menggunakan_Media_Kartu_Terhadap_Minat_Belajar_IPA_Kelas_IV_SD.

Herlina, L. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dan Kreativitas Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Di Sdn 147 Kota Jambi. Jurnal Pesona Dasar. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14757

Hiqmawati, Yohana. (2013). Penggunaan model CTL Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA.https://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/download/4247/2989.

Kabanga, T., Tulak, T., & Buli, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Siswa Kelas IV SDN 101 Makale 4 Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Elementary Journal, 1(2), 41–50.

Karwati, N. P. R., Wiyasa, K. N., & Ardana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Mimbar Ilmu, 23(2), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16421.

Laindjong. Sumanti. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Dengan Meenggunakan Media Gambar Di Kelas V Sdn 05 Biau. Vol 5. No 1

Maghfiroh, leni. (2014). Penerapan Model PembelajaranCTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya.

Nurhaliza, Erisma. (2019). Penerapan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Melalui Alat Peraga Torso Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SDN Muara Bumban 1 Kabupaten Murung Raya. Vol 2, No 2. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/mdr/article/view/1837/0

Paramita.A, N. L. P. A., Japa, I. G. N., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Masalah Realistis Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20499

Putri, N. M. C. N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. Mimbar Pgsd.

Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/13765

Ruiyanti, R. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran IPA Melalui Metode CTL. Jurnal Kreatif Tadulako Online.

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran.Jakarta:Rajawali pers.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. In System.

Setyowati, Nuning & Wulandari, Desi. (2017). Keefektifan Pendekatan Ctl Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Daya Alam.

Https://www.researchgate.net/publication/319248558_KEEFEKTIFAN_PENDEKATAN_CTL_TERHADAP_HASIL_BELAJAR_IPA_MATERI_SUMBER_DAYA_ALAM.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pemeblajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Suanthara, I. N. D. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tri Kaya Parisudha Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Agama Hindu Stkip Agama Hindu Singaraja Tahun Akademik 2016/2017. Jurnal PASUPATI. https://doi.org/10.37428/pspt.v5i2.31.

Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar proses belajar. Jurnal Pendidikan.

Suhardana, K.M. 2007. Tri Kaya Parisudha. Bahan Kajian Untuk Berpikir Baik, Berkata Baik, dan Berbuat Baik. Surabaya: Paramitha

Sulimah. 2016. Implementasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Pembelajaran Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Purwokerto. Skripsi.

Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana

Triyana, A., Rara, Y., Agung, I. G., & Negara, O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( SAVI ) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. 8, 40–49.

Warsiki, N. M. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 287. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16226

Wati, N. M. (2015). Pengaruh Model CTL Terhadap Motivasi Belajar IPA. https://eprints.uny.ac.id/22584/1/NILA%20MERDEKA%20WATI_11108241087.

Widiasworo, 2018. Penelitian Pendidikan Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widianingrum, W. M., Mulyani, S., & Utomo, S. B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Learning Cycle 5E Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Metakognisi Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Pedagogia, 21(2), 186.

Widiantari, 2019. Pengaruh Model CTL Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/839.

Widiantini, N. N. A. S., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2017). Model Pembelajaran Sets (Science, Environment, Technology, Society) Berbantuan Virtual Lab Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal Of Education Technology. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V1i2.11776

Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Ctl Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2561

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56.

Yunita., & Wijayanti, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Berbentuk Soal Cerita. Keguru: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6(3), 22–28.

Downloads

Published

2020-10-06

How to Cite

Dewi, A. A. I. M. U., Manuaba, I. B. S., & Kristiantari, M. R. (2020). MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 2(2), 73–82. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28894

Issue

Section

Articles