PENGARUH PENDEKATAN CTL BERBANTUAN PENILAIAN KINERJA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SANGSIT

Authors

  • Nym. Riska Yulistya Dewi, Ni Wyn. Rati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.732

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan CTL berbantuan penilaian kinerja dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pengajaran langsung pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Sangsit, tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 81 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VA SD Negeri 1 Sangsit yang berjumlah 41 orang dan siswa kelas VB SD Negeri 1 Sangsit yang berjumlah 40 orang. Data pemahaman konsep IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda diperluas. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA siswa kelompok eksperimen tergolong sangat tinggi dengan rata-rata (M) 49,40. Sedangkan, pemahaman konsep IPA siswa kelompok kontrol tergolong tinggi dengan rata-rata (M) 43,08. Terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan CTL berbantuan penilaian kinerja dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pengajaran langsung (thitung > ttabel, thitung = 5,544 dan ttabel = 1,980). Dengan demikian, pendekatan CTL berbantuan penilaian kinerja berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA siswa.

 

Kata-kata kunci: pendekatan CTL, penilaian kinerja, pemahaman konsep IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Wyn. Rati, N. R. Y. D. (2013). PENGARUH PENDEKATAN CTL BERBANTUAN PENILAIAN KINERJA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SANGSIT. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.732

Issue

Section

Articles