Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Hotel di Kabupaten Buleleng

Authors

  • Kadek Vanny Panji Putra Program Studi S1 Akuntansi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Edy Sujana Program Studi S1 Akuntansi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.30824

Abstract

This study aims to determine the effect of taxpayer awareness on taxpayer compliance, tax knowledge on taxpayer compliance, and the fiscus service quality on taxpayer compliance. This research is a quantitative research with the number of respondents as many as 35 employees of the financial division of hotels in Buleleng Regency. Data obtained by distributing questionnaires directly. The sample technique used is purposive sampling. The data used are primary data in the form of respondents' answers and processed using SPSS 20 for windows. The results showed that taxpayer awareness had a positive and significant effect on taxpayer compliance, tax knowledge had a positive and significant effect on taxpayer compliance and fiscus service quality had a positive and significant effect on taxpayer compliance.

References

Ademarta, Rio Septiadi. 2013. Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Padang dan Solok. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat. Albawaba. 2013. Kazakhstan - Tax Administration Reform Project (JERP). http://search.proquest.com/docview/1365300761?accountid=32506. Diunduh tanggal 26, November 2015.

Alfiah, Irma., (2014), “Kesadaran wajib Pajak, sanksi Pajak, Sikap Fiskus, Lingkungan Pajak, Pengetahuan Akan Perpajakan, Persepsi Atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Kemauan Membayar Pajak Terhadap Kepatuhan wajib Pajak Orang Pribadi di DPPKAD Grobogan Purwodadi, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus.

Christina, Ni Kadek, dan Putu Kepramareni. 2012. Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat Denpasar. Jurnal Riset Akuntansi, Vol 2 No 2: p137-150.

Dewi, Septiana Putu dan I Made Sukartha. 2015. Faktor-Faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam membayar hotel. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.13.No.2.

Dharma, Gede Pani Esa dan Ketut Alit Suardana. 2014. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1 (2014): 340-353.

Dinas Pendapatan Kota Denpasar. 2015. Profil Dinas Pendapatan Kota Denpasar. http://www.pendapatan.denpasarkota.go.id/ diakses tanggal 26 bulan 4 tahun 2015 pukul 21:50 Wita.

Febri, Angky. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung. E-Jurnal. Unicom.

Fikriningrum, Winda Kurnia dan Muchamad Syafruddin. 2012. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Candisari). Dalam Journal Of Accounting Vol.1, No.2, Hal.1-15. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Fitria, Dona. 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Journal of Applied Business and Economics, Vol. 4 No. 1.

Fuadi, Arabella Oentari dan Yenni Mangoting. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Tax & Accounting Review, Vol.1, No.1 Program Akuntansi Pajak Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Petra.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Putra, K. V. P., & Sujana, E. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Hotel di Kabupaten Buleleng. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1), 166–175. https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.30824

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>