PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NO. 1 SADING KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12040Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD No. 1 Sading semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar. Selanjutnya data-data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar matematika dari refleksi awal, yaitu 61,9 menjadi 73,9, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,2 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD No.1 Sading Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.
References
Adesanjaya. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Tersedia pada http://edutaka.blogspot.co.id/2015/03/pembelajaran-kooperatif-tipe-stad.html (diakses tgl 23 September 2016 jam 10.32 wita)
Agung, A.A.Gede. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas ganesha
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Arsana, Weda. 2012. Penerapan Pendekatan Konsep 10M Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Raj Yamuna Denpasar Tahun Pelajaran 2011/2012.
Djamarah, Syaiful Bahri.2005.Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press
Isjoni. 2012. Cooperatif Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta
Jaeleni. 2011. Teori Motivasi Belajar. Jakarta:Rajawali Press
Kuntjojo. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif. Tersedia pada http://ebekunt.wordpress.com/2009/07/31/untitled/ (diakses tanggal 5 Oktober 2016).
Nur, Mohamad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Allyn and Bacon
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Negeri Malang.
Permen Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Santyasa, Wayan. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Makalah disajikan dalam pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida, Nusa Penida 29 Juni s.d 1 Juli 2007.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media.
Soedjadi, R. 2008. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta:Pustaka Palajar
Taniredja, Tukirman, dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif . Bandung:Alfabeta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif-Progresif. Jakarta:Kencana
------. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) . Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. jakarta: Sinar Grafika