PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NO 1 MENGWITANI

Authors

  • I.W. Daniel Winantara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12047

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 1 Mengwitani setelah diterapkannya model pembelajaran think pair share (TPS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 orang. Data penelitian ini tentang hasil belajar yang dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 1 Mengwitani. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 75,31% yang berada pada kategori sedang dan pada siklus II menjadi 80,15% yang berada pada kategori tinggi. Dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 65,62% dan pada siklus II mencapai 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 1 Mengwitani.

References

Agung, A.A Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Aditya Media Publising

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Badar, Trianto Ibnu. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan kontekstual. Jakarta : Kencana.

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan. Yogyakarta : Kepel Press.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Jasdilla. 2016. Hasil Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). Journal Pendidikan Indonesia P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207 Vol. 6, No.1, April 2016. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9253/6328

Junaedi, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI.

Kunandar. 2007. Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan kemandirian guru dan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani.2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Jogjakarta: Kata Pena.

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Biru.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Taniredja, Tukiran. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta.

Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.

-------. 2011. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta:Pernada Media Group.

-------. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Pendekatan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiaastuti dan Ali K. tt. Grand Kamus Inggris-Indonesia Indonesia- Inggris. Surabaya: Apollo.

Widiana, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (Tps) Berbantuan Kartu Kerja Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Downloads

Published

2017-10-16

How to Cite

Winantara, I. D. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NO 1 MENGWITANI. Journal of Education Action Research, 1(2), 148–159. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12047