MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS X APHC SMK NEGERI 1 SINGARAJA MELALUI TEKNIK GUIDING QUESTIONS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12190Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik kelas X APHC SMA Negeri 1 menggunakan teknik Guiding Questions.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APHC SMA Negeri 1 Singaraja berjumlah 35 orang pada Tahun Ajaran 2017/2018. .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian teknik Guiding Questions dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik yang ditunjukkan oleh hasil penelitian pada siklus I dengan persentase ketuntasan 40% dan pada siklus II menjadi 71,42%.
Kata-kata kunci: teknik Guiding Questions, penelitian tindakan kelas