MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS X APHC SMK NEGERI 1 SINGARAJA MELALUI TEKNIK GUIDING QUESTIONS

Nila Martha Yehonala Situmorang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik kelas X APHC SMA Negeri 1 menggunakan teknik Guiding Questions.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APHC SMA Negeri 1 Singaraja berjumlah 35 orang pada Tahun Ajaran 2017/2018. .

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian teknik Guiding Questions dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik yang ditunjukkan oleh hasil penelitian pada siklus I dengan persentase ketuntasan 40% dan pada siklus II menjadi    71,42%.

 

Kata-kata kunci: teknik Guiding Questions, penelitian tindakan kelas 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i2.12190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.