IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PEAR SHARE (TPS) untuk MENINGKATKAN AKTIVITAS dan HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR CHEST PASS PERMAINAN BOLA BASKET pada SISWA KELAS XI TATA NIAGA B SMK NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

rilly haba pau

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar chest pass bola basket pada siswa kelas XI TN B SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI XI TN B SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 32 siswa dengan rincian 22 siswa putri dan 10 siswa putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.

Hasil analisis data hasil penelitian didapatkan aktivitas belajar teknik chest pass bola basket mengalami peningkatan 1.4% pada observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 0.9%  dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 2.3% dari observasi awal ke siklus II. Hasil belajar teknik dasar chest pass bola basket pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan sebesar 53,3% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 21.9% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 75% dari observasi awal ke siklus II, Sedangkan Hasil belajar teknik dasar chest pass bola basket pada aspek keterampilan mengalami peningkatan sebesar 55.6% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 22.2% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 77.8% dari observasi awal ke siklus II.

Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar chest pass bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI TN B SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Peneliti menyarankan agar guru PJOK menggunakan  model pembelajaran tipe TPS karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar chest pass bola basket.

Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe TPS, aktivitas belajar, hasil belajar, chest pass bola basket.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhadjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjono dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i1.12281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.