PENINGKATAN SIKAP ILMIAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SDN 3 BANJAR JAWA

Ni luh Sadewi Widyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah siswa kelas IVA Semester I di SD Negeri 3 Banjar Jawa, Tahun Pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Matematika setelah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing bermediakan benda konkret. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa IVA SD Negeri 3 Banjar Jawa, sebanyak 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) angket/kuesioner, dan (2) observasi. Data yang didapatkan dari metode angket dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada refleksi awal rata-rata persentase sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran Matematika hanya mencapai 62,41% dan berada pada kategori kurang, meningkat pada siklus I menjadi 73,25% dan berada pada kategori cukup. Setelah dilaksanakan perbaikan tindakan pada siklus II, rata-rata persentase sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa semakin meningkat mencapai 84,63% dan berada pada kategori baik. Indeks peningkatan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran Matematika dari refleksi awal menuju siklus I yaitu 0,29 termasuk pada kategori rendah dan dari siklus I menuju siklus II meningkat menjadi 0,43 termasuk pada kategori sedang, maka peningkatan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran Matematika sudah mencapai predikat yang telah ditetapkan. Dengan demikian model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan bermediakan benda konkret dapat meningkatkan sikap ilmiah pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IVA Semester I di SD Negeri 3 Banjar Jawa, Tahun Pelajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i1.12286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.