PENERAPAN TEKNIK MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS XA AKL SMK NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ni putu mandalika putri hartini

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas XA AKL di SMK N 1 Singaraja dengan penerapan teknik Mind Map dan 2) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan teknik Mind Map untuk meningkatkan kerampilan menulis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas, yang dilaksanakan secara mandiri oleh penulis. Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas XA AKL SMK N 1 Singaraja. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan alokasi waktu untuk masing-masing pertemuan adalah 3 x 40 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, wawancara dan tes. Kuisioner dan tes digunakan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil kuisioner tentang respon peserta didik terhadap teknik Mind Map, menyatakan bahwa peserta didik merespon positif teknik Mind Map dalam menulis. Hal ini ditunjukkan dengan data hasil respon peserta didik di siklus 1 merespon positif sebanyak 47% dan sangat positif 41% dan meningkat di siklus II menjadi 50% (merespon positif) dan 44% (merespon angat positif). Rata-rata hasil belajar menulis mengalami peningkatan, rata-rata siklus 1 yaitu 60 dan dan meningkat menjadi 74 pada siklus 2.

 

Kata Kunci: Mind Map, respon belajar


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i1.12292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.