Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Singaraja Bali

Authors

  • Yusniar Yusniar Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.12296

Abstract

Model pembelajaran dan metode mengajar sangat berperan penting dalam proses pembelajaran agar terjaidi interaksi antara guru dan peserta didik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mewadahi proses dan aktifitas peserta didik adalah model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Dengan model Pembelajaran tipe STAD, peserta didik dapat memahami materi pembelajaran dengan mudah dan peserta didik mampu bekerja sama dengan baik.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap penerapan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMAN 2 Singaraja yang bejumlah 30 peserta didik, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Teknik pengumpilan data berupa tes. Dari data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Pada siklus I hasil belajar peserta didik sebesar  58.1% dan mengalami peningatan pada siklus II yakni sebesar 76%. Jadi dapat disimpiulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada materi deskripsi (Tourism Destination) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar peserta didik

Downloads

Published

2018-03-15

How to Cite

Yusniar, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Singaraja Bali. Journal of Education Action Research, 2(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.12296