Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Teknik Roundtable Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.12307Abstract
Abstrak
Menulis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting yang harus dikuasai oleh siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Namun pada kenyataannya, disekolah-sekolah dengan jelas menunjukan bahwa menulis dalam bahasa Inggris menjadi salah permasalahan yang sangat penting yang harus segera ditemukan solusinya. Penelitian tindakan kelas ini dilakasanakan berdasarkan hasil observasi dan pre-test yang dilakukan di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja. Hasilnya menunjukan bahwa kemampuan mereka masih sangat lemah dalam hal menulis. Penelitian ini dilaksanakan untuk menegtahui apakah dapat atau tidaknya kemampuan menulis siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja ditingkatkan melalui teknik roundtable. Subyek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 36 orang. Kemudian penelitian ini dilaksanakan dengan menggunkan teknik roundtable dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata pada pemberian pre-test dan post test pada setiap akhir siklus adalah 47.89, 63.08, dan 75.72. Sehingga, hasil dari post test pada setiap akhir siklus sangat jelas menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan subyek dalam menulis. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan adanya respon positif dari subyek terhadap penerapan teknik roundtable dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018 melalui teknik roundtable; selain itu subyek juga merespon positif terhadap penerapan teknik roundtable.
Kata kunci:
meningkatkan, kemampuan menulis, roundtable.