MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NEWS ITEM DENGAN STRATEGI COLLABORATIVE READING PADA SISWA KELAS XII MIPA 8 SMAN 1 SINGARAJA

Authors

  • mutia phonna Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12309

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Collaborative Reading. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 1 Singaraja semester gasal tahun pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data penelitian ini terbagi menjadi tiga, yakni hasil kemampuan membaca pemahaman teks News Item, langkah-langkah strategi pembelajaran Collaborative Reading (CSR) dan respons siswa terhadap pembelajaran. Data hasil kemampuan membaca pemahaman dikumpulkan dengan teknik tes, data langkah-langkah penerapan strategi Collaborative Reading (CSR) dikumpulkan dengan observasi, dan data respons siswa terhadap pembelajaran dikumpulkan dengan angket. Data hasil membaca pemahaman siswa terkait teks dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Data langkah-langkah penerapan strategi Collaborative Reading (CSR) dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Data respons siswa terhadap pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa nilai rerata siswa sebesar 77.51 dengan ketuntasan klasikal sebesar 41,37%. Hasil penelitian siklus II menunjukkan bahwa nilai rerata sebesar 87,44 dengan ketuntasan klasikal sebesar 79.31%. Dengan demikian, terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dari siklus I ke siklus II. Langkah-langkah strategi Collaborative Reading mengacu pada RPP yang disusun peneliti bersama guru pamong secara kolaboratif. Respons siswa terhadap pembelajaran berada pada kategori sangat sangat baik, yakni 36.48% siswa mengganggap sangat positif pada siklus I dan 36.24%  siswa mengganggap sangat positif pada siklus II.

 

 

Kata kunci: strategi Collaborative Reading, membaca pemahaman

 

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

phonna, mutia. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NEWS ITEM DENGAN STRATEGI COLLABORATIVE READING PADA SISWA KELAS XII MIPA 8 SMAN 1 SINGARAJA. Journal of Education Action Research, 2(2), 157–164. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12309

Issue

Section

Artikel