PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA FILM PENDEK PADA SISWA KELAS IX.13 SMP NEGERI 2 SINGARAJA

ira wati barus

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan (1) Penerapan model discovery learning dengan bantuan media film pendek dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX.13 SMP Negeri 2 Singaraja, (2) langkah-langkah pembelajaran dalam penerapan model discovery learning dengan bantuan media film pendek untuk kegiatan menulis cerpen siswa kelas IX.13 SMP Negeri 2 Singaraja, dan (3) respons siswa kelas IX.13 SMP Negeri 2 Singaraja ketika mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan dalam penerapan model discovery learning dengan bantuan media film pendek. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.13 SMP Negeri 2 Singaraja, sebanyak 38 orang. Data mengenai keterampilan menulis cerpen dengan dalam penerapan model discovery learning dengan bantuan media film pendek dikumpulkan dengan metode tes yang diberikan pada akhir pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran menulis cerpen dengan Penerapan Model penerapan model discovery learning dengan bantuan media film pendek dikumpulkan dengan metode observasi, dan respons siswa ketika mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan dalam penerapan model discovery learning dengan bantuan media film pendek dikumpulkan dengan metode observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model discovery learning dengan bantuan media film pendek dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Peningkatan skor rata-rata keterampilan menulis cerpen adalah sebesar 21,32, yaitu dari rata-rata 61 menjadi 82,32. Jadi, pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena siswa yang mendapatkan skor di atas KKM (75) mencapai 82%. Siswa memberikan respons yang positif dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan penerapan model  discovery learning dengan bantuan media film pendek, yakni dengan skor 34,87.

 

Kata kunci: model discovery learning, media film pendek, dan keterampilan menulis teks cerpen.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i2.12322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.