MENINGKATKAN PENGUASAAN VOCABULARY SISWA MENGGUNAKAN VOCABULARY SELF-COLLECTION STRATEGY PADA KELAS VII A3 DI SMPN 1 SINGARAJA

Nurlaila Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan vocabulary pada materi Things Around Us pada peserta didik kelas VII A3SMP Negeri 1 Singaraja melalui penerapan Vocabulary Self-collection Strategy. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A3 SMP Negeri 1 Singaraja, berjumlah 30 orang dengan rincian 12 orang putra dan 17 orang putri. Hasil analisis data rata-rata nilai penguasaan vocabulary pada materi Things Around Us siklus I yaitu sebesar 67 dan rata-rata nilai penguasaan vocabulary pada materi Things Around Us pada siklus II yaitu sebesar 94,3. Dari data hasil belajar tersebut dapat dikatakan bahwa hasil belajar penguasaan vocabulary pada materi Things Around Us pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 27,3. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar penguasaan vocabulary pada materi Things Around Us meningkat melalui penerapan Vocabulary Self-collection Strategy pada siswa kelas VII A3 SMP Negeri 1 Singaraja. Disarankan kepada guru bahasa Inggris untuk mengaplikasikan Vocabulary Self-collection Strategy karena dapat meningkatkan hasil penguasaan vocabulary.

 

Kata-kata kunci: Vocabulary Self-collection Strategy, vocabulary

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i2.12326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.