Penerapan Teori Konseling Behavioral Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X MIPA 2 SMA N 2 Singaraja

Authors

  • Dwi angga pradipta Universitas pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.12452

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal melalui pendekatan konseling behavioral social learning dengan teknik modeling melalui role playing pada siswa kelas X MIPA 2 SMA N 2 Singaraja, Buleleng, Bali. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA N 2 Singaraja yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan komunikasi interpersonal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Teknik analisis data hasil skala komunikasi interpersonal dan data hasil observasi dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif.

Tindakan bimbingan dan konseling pada siklus I masih mengalami kendala, siswa terlihat masih malu-malu dan tidak serius dalam bermain peran. Tindakan  bimbingan dan konseling siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Hal ini ditunjukkan oleh adanya perubahan sikap siswa.

Peningkatan ditunjukkan dengan hasil persentase kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Peningkatan terjadi yaitu, (1) persentase pengamatan awal siswa 51,4 % (rendah), (2) persentase pengamatan siklus I  68,8 % (tinggi dan sedang), (3) Pengamatan siklus II 75,6 % (tinggi).  Dapat disimpulkan bahwa  role playing  dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X MIPA 2 SMA N 2 Singaraja.

 

Published

2021-09-07

How to Cite

pradipta, D. angga. (2021). Penerapan Teori Konseling Behavioral Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X MIPA 2 SMA N 2 Singaraja. Journal of Education Action Research, 5(3), 368–374. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.12452