PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NO. 2 DALUNG

Authors

  • Ni Md. Seriani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Kt. Dibia Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12685

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada  siswa  kelas  VB SD No. 2 Dalung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B di SD No. 2 Dalung tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 31 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik  deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B di SD No. 2 Dalung tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswa sebesar 72,42% pada kategori rendah dan  meningkat menjadi 82,58% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi.Terjadi peningkatan sebesar 10,16%

References

Agung, A.A. Gede. 2010. “Penelitian Konvensional (Eksperimental dan Non Eksperimental)”. Makalah disajikan dalam Workshop Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Singaraja 27 September 2010.

-------. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Aqip, Zainal. 2015. Model-model, Media, dan Stategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya:Bandung.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Dimyati, dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Gunardi,Edy. 2003. Kamus Lengkap Milleniu. Surabaya:Apollo

Mudzakir, Ahmad dan Joko Sutrisno. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Nurkancana dan Sunartana 1992. Strategi Pembelajaran. Surabaya : Usaha Nasional.

Roestiyah, MK. 1994. Masalah Pembelajaran sebagai Suatu Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.

Safitri. 2011. Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Tersedia pada file:///C:/Users/user/Documents/ kelebihan%20s%20Throwingg.htm (diakses tanggal 3 September 2016).

Septiandani, Ni Luh Putu Wina. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Model Snowball Throwing berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan Muatan IPA Siswa Kelas VC SDN 17 Dauh Puri DenpasarTahun Ajaran 2015/2016.Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Undiksha Singaraja

Sugiyanto. 2012. Karakteristik Anak Usia SD.staff.uny.ac.id/sites/default/files/ /Karakteristik%20Siswa%20SD.pdf. Diakses tanggal 20 Januari 2016.

Trianto. 2012. Model-model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara: Jakarta.

Winataputra, dkk. 2008. Strategi Belajar Mengajar Cet-3. Jakarta : Universitas Terbuka. Iskandar, M. Srini. 1996/1997. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Downloads

Published

2017-11-27

How to Cite

Seriani, N. M., & Dibia, I. K. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NO. 2 DALUNG. Journal of Education Action Research, 1(3), 210–217. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12685