PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS

Authors

  • N.M Putri Saridewi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • N Nym. Kusmariyatni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12687

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam setelah penerapan model pembelajaran Scramble siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2016/2017 SD No. 3 Legian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa kelas IV SD No. 3 Legian  berjumalah 41 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus. Data hasil belajar IPA dikumpulkan  dengan tes hasil belajar IPA dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode tes. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I hasil belajar siswa 52,93% berada pada katagori sangat rendah. Pada siklus II hasil belajar siswa 90,24% berada pada katagori sangat tinggi. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari sebesar 41,46% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan analisis dan pembahasan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scramble dapat efektif meningkatkan hasil belajar IPA pada materi daur hidup beragam jenis makhluk hidup pada kelas IV SD No. 3 Legian

References

Agung, A. A. Gede.. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Suatu Pengantar. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan. Undiksha

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Daniel Muijs dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gardner, 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. UI Press: Jakarta

Iis Widayanti. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Diakses dari http://repository.upi.edu/

Iru, La dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi dan Model-model Pembelajaran. Bantul: Multi Persindo

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena.

Lestari. 2009. Pengertian dan Langkah Model Pembelajran Scramble. Tersedia pada https://modelpembelajaran1.wordpress.com/2016/02/20/langkah-langkah-model-pembelajaran-scramble/ (diakses tanggal 17 Oktober 2016)

Lestari, Sri., Nanci Riastini, Suarjana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1

Mukrima, Syifa.S. 2014. 53 Metode Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Siliwangi

Nur Malechah. 2010. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horey (CRH) Dan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan LKS Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Siswa Kelas VII Semester II SMP N 2 Sayung Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Semarang: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Pujianto, Andi. 2016. Langkah-Langkah Model Pembelajran Scramble. Tersedia pada anekamodelpembelajaran.blogspot.co.id/2016/09/model-pembelajaran-sramble.html (diakses tanggal 17 Oktober 2016)

Raka, Dewa Putu. 2009. Model-model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Rakhmawati, Tri.,dkk. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Scramble untuk Peningkatan Motivasi Belajar IPA (Fisika) pada Siswa SMP Negeri 16 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Radiasi Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo (volume 1 nomor: 1)

Santyasa, I W. Model-Model Pembelajaaran Inovatif. makalah Disajikan dalam pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida ,tanggal 29 Juni s.d 1 Juli 2007

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. ARRuzz Media. Yogyakarta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar &Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif.(Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka)

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 1 Tentang Hak Asasi Untuk Mendapat Pendidikan

Widiana, I Wayan., I Nyoman Murda., dan Karyawati, Ni Komang. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) Berbantuan Kartu Kerja Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1).

Downloads

Published

2017-11-27

How to Cite

Saridewi, N. P., & Kusmariyatni, N. N. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS. Journal of Education Action Research, 1(3), 230–239. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12687