PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12688Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah penerapan model pembelajaran NHT pada siswa kelas III Sekolah Dasar No. 2 Abianbase tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek seluruh siswa kelas III Sekolah Dasar No. 2 Abianbase tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 31 orang siswa. Data hasil belajar yang dikumpulkan dengan tes hasil belajar IPA. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran NHT dapat meningkatkan Hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas III di SD No. 2 Abianbase, Kabupaten Badung. Hal ini dapat diketahui dari hasil yang diperoleh pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 72,74 dengan persentase sebesar 72,74% termasuk kategori hasil belajar sedang. Setelah diadakan perbaikkan pada siklus II, diperoleh hasil belajar mencapai 81,93 dengan persentase 81,93 % termasuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT pada mata pelajaran IPA dapat meningkat hasil belajar siswa kelas III SD No. 2 Abianbase, Kabupaten Badung, Tahun Pelajaran 2016/2017.
References
Agung, A.A Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja : UNDIKSHA.
Agustin, Setya & Aryanto, Sugeng. Antara, Sukma. 2013. The Effect Of Using Numbered Head Together Technique On The Eighth Grade Students’ Reading Comprehension Achievement At Smpn 2 Tanggul Jember Jurnal Pancaran. 2 (3). 201-210.
Arikunto, dkk.2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Dimyati dan Moedjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. University Press. Surabaya.
Kurniasih & Sani. 2015. Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena
Kusumaningtyas, Y. P., & Kusmayadi, T. A. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write ( Ttw ) Dan Numbered Head Together ( Nht ) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Konsep Diri Belajar Matematika Siswa Di Smp Negeri E-Kabupaten Blora. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2(2), 215–225.
Lapono, Nabisi, dkk. 2008. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Miaz, Y. (2015). The Implementation Of Numbered Heads Together To Improve The Students’ Achievement Of Social Sciences In Primary School. Research Journal of Social Sciences. 8 (10). 40-45.
Nur, Mohamad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur: Depdiknas.
Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Puspa, D., Danti, N., Suprayitno, I. J., Prihaswati, M., Konstruktivisme, P., & Belajar, P. (2015). Perbandingan Pembelajaran Number Head Together Dengan Team Assisted Individualization Berpendekatan, 2(April). JKPM. 2 (1). 15-21.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Biru
Susanto, A.B. 2003. “Mengembangkan Corporate Social Responsibility di Indonesia”, JurnalReformasiEkonomi,Volume No.1 Hal 8, Jakarta
Trianto. 2007, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Prestasi Pustaka.
------. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
------, 2011, Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta : Indeks
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sri Anitah W. dkk. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang. Universitas Terbuka.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zaltman Gerald et al, 1972, Creating Social Change, New York ; Holt, Rinehart and Winston, Inc.