PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Ni Wyn.Nita Kusumayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah menerapkan strategi pembelajaran Learning Cell pada siswa kelas IV semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 di SD No. 2 Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Kapal tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 orang. Data penelitian ini tentang hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase rata-rata hasil belajar pada siklus I 73,70% yang berada pada kategori sedang dan pada siklus II menjadi 80,19% yang berada pada kategori tinggi. Ini menunjukan terjadi peningkatan persentase rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 6,49%. Pada ranah afektif siklus I persentase rata-rata sebesar 70,43% dan pada siklus II sebesar 80,21% yang berada pada kategori aktif. Pada ranah psikomotor persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,75% dan pada siklus II menjadi 80,31% yang berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV semester ganjil SD No. 2 Kapal Tahun Pelajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2010. “Penelitian Konvensional (Eksperimental dan Non Eksperimental)”. Makalah disajikan dalam Workshop Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Singaraja 27 September 2010.

Agustin, Setya & Aryanto, Sugeng. Antara, Sukma. 2013. The Effect Of Using Numbered Head Together Technique On The Eighth Grade Students’ Reading Comprehension Achievement At Smpn 2 Tanggul Jember Jurnal Pancaran. 2 (3). 201-210.

Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan: Edisi ke dua. Jakarta: Bumi Aksara

Artika, Rini. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Depdikbud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Efriza, Dony & Mukhaiyar, Radja. D. 2013. The Effect Of Using Numbered Heads Together And Reading Motivation On Students’ Reading Comprehension Of Descriptive And Narrative Text Of Smpn 7 Muaro Jambi. Journal English Language Teaching (ELT). 1 (3). 65-74.

Febriyanti, Diya., Yunita Wardianti., Sepriyaningsih. 2016. Pengaruh Strategi The Learning Cell Disertai Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Man 2 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016

Haryono. (2013). Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan. Yogyakarta: Kepel Press

Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran. Jakarta : Media Persada

Julia, Brannen. 2004. Memadu Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kagan, Spencer, 1992 Cooperative Learning. San Juan Capistrano, Kagan Cooperative Learning.

Lea, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta : PT. Gramedia.

Nur, Mohamad. 2005 Depdiknas.. Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur:

Nurkancana, Wayan. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya:Usaha Nasional

Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning. Allyn & Bacon. A Simon & Aschuster Company.

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktek). Bandung: Nusa Media

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Suprijono, A. 2012. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suteja. 2007. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Eksperimen di SMA N 4 Denpasar). Tesis PP Undiksha.

Trianto. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:CTSD




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v1i3.12689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.