PENERAPAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

Ni Komang Junmalini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD No. 2 Sembung Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No. 2 Sembung yang berjumlah 21 orang. Data penelitian tentang hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata persentase skor hasil belajar IPA pada siklus I sebesar 68,09 % berada pada kategori sedang dan mengalami peningkatan sebesar 12,48% pada siklus II menjadi 90,47 % tergolong pada kategori sangat tinggi. Maka penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD No 2 Sembung.


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Negeri Singaraja.

Agustin, Setya & Aryanto, Sugeng. Antara, Sukma. 2013. The Effect Of Using Numbered Head Together Technique On The Eighth Grade Students’ Reading Comprehension Achievement At Smpn 2 Tanggul Jember Jurnal Pancaran. 2 (3). 201-210.

Darmojo, Hendro., Jenny R.E Kaligis. 1993. Pendidikan IPA 2. Jakarta: Depdikbud

Dimyati & Mudjono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Efriza, Dony & Mukhaiyar, Radja. D. 2013. The Effect Of Using Numbered Heads Together And Reading Motivation On Students’ Reading Comprehension Of Descriptive And Narrative Text Of Smpn 7 Muaro Jambi. Journal English Language Teaching (ELT). 1 (3). 65-74.

Hariyanto. (2011,17 Desember). Pengertian Model Pembelajaran. Diperoleh 7 Oktober 2016, dari http://belajarpsikologi.com/pengertian-model-pembelajaran.

Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Kasihani Kasbullah. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.

Marhaeni, A.A.I.N. 2006. Assesment Portofolio Dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Nur, Mohamad. 2005 Depdiknas.. Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur:

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Negeri Malang.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Jakarata: Departemen Pendidikan Nasional.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalime Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Slavin, Robert. E. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktek). Bandung: Nusa Media

Slavin, Robert. E 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung:Nusa Media

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Taniredja, Tukirman, dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif . Bandung:Alfabeta

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v1i3.12690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.