Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dengan Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu

Authors

  • I Nyoman Intaran SD N 3 Tianyar, Karangasem, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13724

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Tianyar di Kelas II Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 yang prestasi belajarnya untuk mata pelajaran agama Hindu sangat rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar agama Hindu siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar.  Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar  agama Hindu siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 65, pada siklus I menjadi 67,92 dan pada siklus II menjadi 72,92. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Inkuiri berbantuan Media Gambar dapat meningkatkan prestasi belajar agama Hindu siswa Kelas II Semester I SD Negeri 3 Tianyar Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Bhakti, Ahmad Haris. 2009. Tesis. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Ngawi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dewi, Narni Lestari, Nyoman Dantes, I Wayan Sadia. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar Volume 3. Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 1989. Psikologi Pendidikan (Rev-2). Jakarta: Grasindo.

Habsari, Sri. 2005. Bimbingan & Konseling SMA kelas XI. Jakarta: Grasindo. http://:pepindogrup.blogspot.com

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1.

Hermawati, Ni Wayan Manik. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Ibrahim dan Nur.2007. Pengertian Metode Inkuiri dan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Sekolah. [Online]. Tersedia: http://himitsuqalbu.wordpress.com/2011/11/03/metode-inkuiri/.[29 April 2012]

Isyfiyyati. 2011. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Kesetimbangan Kimia (Penelitian Tindakan Kelas Pada MA. Al-Falah VI Jakarta). Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. UIN Syarif Hidayatullah.

Juniati, Ni Wayan dan I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.1 (1) pp. 20-29.

Kardi, Soeparman.2003. Merancang Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri. UNS, Surabaya.

Maksum, Ahmad, 2006. Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiri terhadap Hasil Belajar Sejarah dan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI SMA Negeri1 Sukamulia, Lombok Timur, NTB. Tesis. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha. Program Pascasarjana.

Modern Educators and Lexicographers. 1939. Webster’s New American Detionary. New York: 140 Broadway, Books, Inc.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Muzakki. 2012. Thesis. Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Menggunakan Peralatan Kantor Siswa Kelas X SMK N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Yogyakarta. eprints.uny.ac.id/8915/

Natalia, M. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 5 Pekanbaru. Jurnal Pembelajaran Biologi. Vol. 1 No. 2: 83-92.

Nurmasanti, K. 2013. Pengaruh Model Inkuiri disertai Teknik Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Hasil Belajar Fisika Kelas XI dalam Pembelajaran Fisika Di Sma Negeri Arjasa. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 2 No. 2: 251-256.

Nurman, Muhammad, 2006. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiri dan Expositori terhadap SIkap Politik Berdemokrasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn di SMA (Tesis).Singaraja.Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja, Program Pascasarjana.

Nurman, Muhammad. 2006.”Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri dan Ekspositori Terhadap Sikap Politik Berdemokrasi dan Prestasi belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn di SMA (Studi Eksperimen tentang Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Sikap Politik Berdemokrasi dan Prestasi Belajar PPKn Siswa di SMA NW Pancor – Lombok Timur). Tesis (tidak diterbitkan) Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.

Nuryanto, Apri. 2008. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putrayasa, Ida Bagus. 2009. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Inquiri dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas, dan Logikalitas. (Tesis).Singaraja.Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Putrayasa, Ida Bagus. 2009. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Inquiry. Tersedia dalam http://www.ialf.edu/kipbipa/abstracts/ibputrayasa.htm [diakses 19/1/2008].

Putri, Hendrasti Kartika, Indrawati, I Ketut Mahardika. 2016. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma . Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.4 No.4, Maret 2016, hal 321 - 326

Rofidah Nurnaningsih. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Dengan Media Gambar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IIb MIN Ngawen Gunungkidul (Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sagala, Syaiful. 2006. Metode Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Saifudin Azwar. 1996. Pengantar Psikologi Intelegensi. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Penerbit: Kencana Prenada Media Group.Jakarta.

Sastromiharjo, Andoyo. 2008. Makalah. Media dan Sumber Pembelajaran. Disampaikan pada Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru Sekolah Menengah Pertama. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Press.

Uno, B. Hamzah, et. al. 2001.Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian. Jakarta: Delima Press.

Wojowasito. 1982. Kamus Umum Lengkap Inggris Indonesia – Indonesia Inggris. Malang: Delta Citra Grafindo.

Downloads

How to Cite

Intaran, I. N. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dengan Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Journal of Education Action Research, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13724