Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Luh Putu Purnama Dewi SMP Negeri 2 Kubu, Karangasem, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13727

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IXB semester ganjil SMP Negeri 2 Kubu setelah diterapkannya model pembelajaran quantum teaching berbantuan media konkret. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXB SMP Negeri 2 Kubu yang terdiri dari 40 orang siswa, 22 siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap Siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang di dalamnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pemantauan, serta refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tulis pada setiap akhir siklus. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil tes siklus I sebesar 66,8 dengan tingkat ketuntasan belajar 50% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 81,6 dengan tingkat ketuntasan belajar 87,5%

References

Acat, M.B dan Ay, Y. 2014.An Investigation the Effect of Quantum Learning Approach on Primary School 7th Grade Students’ Science Achievement, Retention and Attitude.Educational Research Association The International Journal of Research in Teacher Education, vol. 5, no. 2, hlm. 1123

Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Ali, M. 1982. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dahar, R. W. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Pendidikan dan Kebudayaan.

Danial, Endang A. R., & Dr. H. M.Pd. 2003. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Direktorat PLP, Dirjendikdasmen, Depdiknas.

DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan.

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama.

Dimyati & Moedjiono. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Gunarhadi. 2010. The Impact of Quantum Teaching Strategy on the Academic Achievement of Students in Inclusive Schools. Disertasi. Diakses dari http://etd.uum.edu.my/2383/2/1.Gun arhadi.pdf tanggal 24 Juni 2017.

Hasibuan & Moedjino. 1996. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Hidayat, K., dkk.. 1987. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Bina Cipta.

Juniati, Ni Wayan dan I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.1 (1) pp. 20-29.

Kasbolah, K. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Depdiknas.

Linto, Rendya Logina, Sri Elniati, dan Yusmet Rizal. 2012. Kemampuan Koneksi Matematis Dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Peta Pikiran . Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1 : Part 2 : Hal. 83-87.

Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan. Cetakan 1. Malang: UM Press.

Murizal , Angga, Yarman , Yerizon . 2012. Pemahaman Konsep Matematis Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching . Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 Hal. 19-23

Muslikhah, Riana Isti , Siswandari dan Wiedy Murtini. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Flip Book Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri Vol 1 No 1

Nurkancana, W. & Sunartana. 1990. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Nuryati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 24 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Volume. Volume 4 Nomor 2.

Purwanto, J dan Kusno. 2011. Effectiveness of Quantum Learning for Teaching Linear Program at the Muhammadiyah Senior High School of Purwokerto in Central Java, Indonesia (Versi Elektronik).EDUCARE:International Journal for Educational Studies, vol.4, no.1, hlm. 83-92. Diakses dari http://www.educareijes.com/educarefiles/File/07.kusno.j oko.ump.id.pdf tanggal 26 Mei 2014

Rohani, A. 1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusyan, A. T. 1993. Proses belajar mengajar yang efektif tingkat pendidikan dasar. Bandung: Bina Budhaya.

Sadiman, A. S. 2009. Media pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratam.

Suarjana, I Made, Dkk. 2007. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar Nomor 1 Paket Agung Singaraja. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Suartama, I K. 2008. Bahan Ajar Media Pembelajaran. Singaraja: UNDIKSHA.

Sudjana, Nana & Admad, R. 1989. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana. 1992. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Suryani, N. 2013. Improvement of Students’ History Learning Competence through Quantum Learning Model at Senior High School in Karanganyar Regency, Solo, Central Java Province, Indonesia (Versi Elektronik). Journal of Education and Practice, vol.4, no.14, hlm. 55-63. Diakses darihttp://www.iiste.org/Journals/ind ex.php/JEP/article/download/6798/6 912 tanggal 27 Mei 2017.

Susiani, Ketut, Nyoman Dantes, I Nyoman Tika. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Banyuning. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar Volume 3.

Syukur, Muhammad , Kartono, Sukmawati. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 9.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yanuarti, Ary, A. Sobandi. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching . Jurnal pendidikan manajemen perkantoran Volume 1, nomor 1 halaman 11 – 18.

Wiriatmadja, Rochiati, Prof.Dr. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PPS sUPI dan Remaja Rosdakarya.

Downloads

How to Cite

Purnama Dewi, L. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13727