Aplikasi Model Pembelajaran Inquiry Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

Ketut Suhendrayani

Abstract


The learning process in the classroom that makes low student achievement is the basis for making this classroom action research. This research was carried out in class VIII A5 at SMP Negeri 3 Sawan in even semester of 2017/2018 school year. Research data were collected using tests and analyzed using descriptive analysis. After all the processes were carried out which began with planning, continued with the implementation continued with observation/data collection and ended with a reflection that was doing analysis, it turned out that the data obtained was quite encouraging. The initial value which was initially low was 69.23 with learning completeness only at 7.69%, and in the first cycle, it had increased to 79.04 with 65.38% learning completeness and significantly increased in Cycle II to 83.65 92.31% learning completeness. This data shows the success of this class action research so that the researcher concludes that the Inquiry learning model can improve the mathematics learning achievement of VIIIA5 students in SMP Negeri 3 Sawan.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Febriyani, 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 4 Selat Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Mimbar PGSD Vol 1 No 1 .

Juniati, Ni Wayan dan I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 20-29.

Jus Pariatna, I Wayan & Ida Bagus Nyoman Sudria, Ngadiran Karto Wasono. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Topik Laju Reaksi”. Jurnal Wahana Matematika Dan Sains, Volume 9, Nomor 1, April 2015 38.

Maksum, A. 2006. Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiri terhadap Hasil Belajar Sejarah dan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI SMA Negeri1 Sukamulia, Lombok Timur, NTB. Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha. Program Pascasarjana. Singaraja.

Marheni, Ni Putu & I Nyoman Suardana. “Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya Lokal pada Pembelajaran Sains Kimia SMP”. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, Volume 8 Nomor 2, Oktober 2014 (87)

Mariati. Y. 2014. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Keterampilan Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD e-Journal STKIP NU Indramayu, Jawa Barat 6 (12). 1-5. Tersedia pada http://www.stkippnuiac.id. Diakses pada 23 April 2017

Metaputri, Ni Kadek dan Ni Nym. Garminah. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Minat Belajar terhadap Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas IV SD”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 49, Nomor 2, Juli 2016, hlm. 89-97

Modern Educators and Lexicographers. 1939. Webster’s New American Detionary. New York: 140 Broadway, Books, Inc.

Nasution. S. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Poerwadarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Putrayasa, I. B. 2005. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Inquiri dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas, dan Logikalitas. Tesis. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sukidin, B. dan Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.

Sumarti.S.,Rahayu.S.,Madlazim.2015. “Pembelajaran IPA dengan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Hypermedia dan Media Riil Ditinjau gaya Belajar dan Kemampuan Awal”. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran. 2 (2). 45-52. Tersedia pada http://www.unes.ac.id. Diakses 8 April 2017.

Suryabrata, S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, S. 2006. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryaningsih, Ni Made Ayu & I Made Elia Cahaya, Christiani Endah Poerwati. 2016. “Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 5, No. 2, Oktober 2016 (212-220).

Tirtonegoro, S. 2001. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i3.16258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.