Penerapan Model Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Front Office Materi Penanganan Check In Tamu Individu
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23423Keywords:
Hasil belajar, aktivitas, model role playing.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Role playing terhadap peningkatan hasil belajar front office materi penanganan check in tamu individu di kelas XI APH2 SMKN 1 Dlanggu. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran model role playing dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI APH2 SMKN I Dlanggu yang berjumlah 34 orang, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model role playing. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah model role playing yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi kooperatif, sesuai dengan teori belajar konstruktivisme. Penerapan konstruktivisme dalam proses belajar-mengajar menghasilkan metode pengajaran yang menekankan aktivitas utama pada siswaReferences
Abdulhak, I. (2000). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.Jakarta: Grafindo.
Anggoro, T. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Ke-2.Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran.Cetakan Ke-3. Bandung: Alfabeta.
Badan Nasional Standar Pendidikan. (2009). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 Pasal 31 tentang Pendidikan. Surabaya: Wacana Intelektual.
Badan Nasional Standar Pendidikan. (2009). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Wacana Intelektual
Dalle, J. (2010). Metodologi umum penyelidikan reka bentuk bertokok penilaian dalaman dan luaran: Kajian kes sistem pendaftaran siswa Indonesia. Thesis PhD Universiti Utara Malaysia.
DirektoratJenderal Pendidika Tinggi.(2010).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka cipta
Ernawaty & Kune, S. (2009). Ikhtisar Filsafat Pendidikan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Gunawan, R. (2011). Pendidikan MATERI. Bandung: Alfabeta.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasinya. Bandung: PT. Refika Aditama.
Nuryanti, L. (2008). Psikologi Anak. Jakarta: PT. Indeks
Rusdayanto, F. (2010). Potret Buram Pendidikan Kita. Jakarta: PT. Pena Emas.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sardiman. (2008). Interaksi Dan Motivasi BelajarMengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Satori, D. (2008). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Saud, S. U. (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Semiawan, C. (2008). Belajar dan Pembelajaran Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Slameto.(2003).Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Solihatin,E. & Raharjo.(2007).Cooperative Learnig Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprijono,A. (2010). Cooperatif Learning, Jakarta:Kencana Yudistira.
Trianto.(2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif ProgresifKonsep Landasan dan Implementasinya Pada KurikulumTingkat Satuan Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wardhani, I. &Wihardit, K. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuk