PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN VOCABULARY DENGAN MATERI NARRRATIVE TEXT

Latifah Fidiyanti

Abstract


Tujuan melaksanakan penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan kosa kata siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan menggunakan media flashcard di Kelas XI RPL2 SMK N I DLANGGU. Metode penilitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting),  pengamatan(observing) dan refleksi (reflecting) . Teknik pengumpulan  data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes, (2) wawancara, (3)  observasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan tindakan pertama pembelajaran belum mencapai hasil yang maksimal,hal ini dapat dilihat masih adanya siswa yang kurang melibatkan diri dalam penggunaan media flashcard dan masih adanya siswa merasa bingung dengan apa yang diintruksikan guru sehingga nilai rata-rata yang didapat siswa pada siklus I adalah 68, dengan ketuntasan belajar sekitar 72%. Dengan melihat Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan di SMKN I DLANGGU yaitu 65, ada 13 0rang yang mencapai kriteria tuntas, artinya hanya 72% sedangkan menurut KTSP suatu pembelajaran dikatakan tuntas apabila nilai ketuntasan yang didapat siswa≥75%  dari jumlah siswa. Adapun pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata yang didapat siswa pada siklus II adalah 84, dengan ketuntasan belajar sekitar 100%.

 

 


Keywords


Media Flashcard; Kemampuan Siswa; Kosakata; BahasaInggris

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2007).Media Pembelajaran.Jakarta:Raja GrafindoPersada

Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif.Bandung:Nuansa

Iskandarwassid dan Sunendar, D.(2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Izzan, A. (2008). Metodologi pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Humaniora.

Izzan, A. (2009). Metodologi pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:Humaniora.

Kusumawati, Rita. 2016. Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang Untuk Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Asemjajar-Surabaya . Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.4 No.1, April 2016

Mulyasa.(2008). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PT Remaja Rosdakarya.

Mukarto.(2007).Grow With English.Jakarta :Erlangga

Maghfiroh, Lailatul. (2013). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar . JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013

Permadi,D.danSuryana,N.(2000). Pendekatan, Metode, Tehnikdan Mode lPembelajaran Bahasa Inggris di SD dan MI. Bandung:Sarana Panca Karya

Purwanto, N. (2006). Evaluasi Pengajaran. Bandung:PT Remaja

Rosdakarya. Sugiono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Susilana,R. dan Riyana,C.(2009). Media pembelajaran. Bandung:CVWacana Prima.

Tarigan, H (2018) Menyimak sebagai suatu ketrampilan berbahasa, Bandung : Angkasa.

Tarigan,H (2018), Berbicara sebagai suatau keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i1.23437

Article Metrics

Abstract view : 437 times
PDF file view : 644 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.