PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH DAN PASSING ATAS MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN

Karnoto .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan permainan dapat meningkatan hasil pembelajaran Penjasorkes Materi passing bawah dan passing atas siswa kelas XI  SMKN 1 Dlanggu. Pendekatan permaianan merupakan  salah satu bentuk model pembelajaran yang tepat, karena menekankan pada pembelajaran rekan sejawat/ teman sendiri untuk mengajari cara melakukan olah raga volly untuk materi passing bawah dengan tujuan memacu semangat siswa untuk dapat meningkatkan motivasi berlatih dan kemampuan menguasai materi passing bawah pada mata pelajaran olah raga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dijadikan subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI ANM 1, dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sebagai alat pengumpulan data, yaitu: instrumen tes, yang terdiri atas: (a)pendekatan permainan, dan (b) tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan setelah data penelitian terkumpul seluruhnya, baik data yang berasal dari pendekatan permaina maupun Hasil Belajar Siswa, pre-test, maupun post-test. Teknik yang digunakan untuk analisis data pada penelitian ini adalah teknik deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan peningkatan hasil pembelajaran passing bawah dan passing atas melalui pendekatan permainan dapat meningkatkan percaya diri siswa. Oleh karena itu siswa diharapkan dapat belajar sambil berlatih tanpa rasa takut lagi dengan bola. Dengan kegiatan ini pula diharapkan kemampuan afekfif, kognitif, dan psikomotorik siswa dapat berkembang lebih baik lagi.


Keywords


Peningkatan hasil pembelajaran; Passing bawah dan Passing atas; Pendekatan Permainan.

Full Text:

PDF

References


Muhajir, Pendidikan Jasmani (tiori dan Praktek), Penerbit Erlangga PT. Graha Aksara Pratama

Agus S. Suryobroto. (2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana

Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK-UNY..

Aip Syarifuddin, (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Barbara L. Viera, MS; Bonnie Jill Ferguson, MS. (2004). Bola Voli Tingkat

Pemula. (Alih Bahasa: Monti) Jakarta: Dahara Prize Semarang

BSNP (2007). Kurikukum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : BSNP

Depdiknas. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta : Asa Mandiri .

L. Viera, Barbara dan Bonnie Jill Fergusson.(2004).Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

M. Sobry Sutikno, (2009). Belajar Pembelajaran. Prospeet. Bandung.

M. Yunus. (1992). Olahraga Bola Voli. Jakarta : Departmen Pendidikan dan

Kebudayaan

Martinis Yamin. (2005). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat:

Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i1.23438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.