PENERAPAN MEDIA CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG

Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Bangun Ruang menggunakan media CLIS pada siswa kelas 1 SD N Candiwatu Pacet.. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah menggunakan media CLIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas 1 SD N Candiwatu Pacet tahun pelajaran 2017/2018.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Proses Penelitian yang digunakan adalah penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart yang menggunakan siklus sistem spiral yang maing-masing siklus terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD N Candiwatu Pacet yangberjumlah 20 orang. Sedangkan obyek penelitian adalah keseluruhan proses pada penerapan media CLIS di SD N Candiwatu Pacet. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes akhir siklus dan dokumentasi. Untuk analisis data kuantitatif diolah dengan rumus-rumus statistik, sedangkan analisis data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan seluruh data yang tersedia dari lembar observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media CLIS mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas 1 sebesar 49,01%. Selain itu dari hasil analisis data observasi mengalami peningkatan yaitu dari 46,7% aspek terpenuhi menjadi 96,7% aspek. Karena pembelajaran dengan menggunakan media CLIS dapat meningkatkan hasil belajar matematik


Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Media CLIS


Full Text:

PDF

References


Ismail, A. (2015). Penerapan Model Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pembelajaran Children Learning In Jakarta: Bumi Aksara. Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Petik..

Joko, T., Ahdinirwanto, R. W. & Maftukhin, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2012/2013.

Marlina, D. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Premiere Educandum,

Noprianti, I. D. & Syarifuddin, A. (2015). Pengaruh Penerapan Media Slide Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 2 Palembang. Volume 1

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutarno, N. (2009). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, P. Nym. T. T, Suadnyana, I Ngh &Negera, I Gst. A. O. (2014 Pengaruh Model Children’s Learning In Science Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD UniversitasJurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, (2)

Sri Subarina (2006: 36) Mengayakan bahwa bangun ruang merupakan bangun geometri dimensi 3 dengan batas-batas berbentuk bidang datar dana atau bidang lengkung.

Sumanto dkk. (2008: 149) mengemukakan bahwa bangun ruang memiliki sifat-sifat terntentu ,yaitu memiliki sisi,rusuk, dan titik sudut

Menurut Asep Jihad (2008:152-153) karakteristik yangmembedakan matematika dengan pelajaran yang lain




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i1.23660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.